HIPIIS Selenggarakan Rakernas: FISIP UMJ Jadi Tuan Rumah

Sabtu (26/9) FISIP UMJ menjadi tuan rumah rapat kerja nasional (rakernas) Himpunan Indonesia untuk Pengembanga Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIIS). Dalam Rakernas kali ini mengangkat tema Indonesia dalam Disrupsi. Acara berlangsung di aula FISIP UMJ sejak pukul 09.30-13.00 WIB.

Pada acara ini, sebagian jajaran pengurus HIPIIS hadir secara langsung, dan sebagian lainnya hadir secara virtual. Hal itu bertujuan untuk menghindari resiko penularan virus Corona (Covid-19). Begitu juga tuan rumah—yang hadir pada acara secara langsung untuk menyambut para tamu—hanya sebagian saja, tentu dengan pertimbangan yang sama. Acara dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Rakernas dihadiri langsung oleh ketua HIPIIS periode 2017-2019, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP., yang juga merupakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI) untuk memberikan arahan dan laporan. Setelah memberikan arahan dan menyampaikan laporannya, Prof. Muhadjir melakukan serah terima jabatan secara simbolis kepada ketua HIPIIS periode 2019-2021, Aidul Fitriciada Azhari.

Sebagaimana lazimnya, ketua baru terpilih juga menyampikan sambutan pertamanya setelah serah terima jabatan. Kemudian, dilanjutkan dengan penyusunan program kerja dan pemilihan wakil ketua.

Sebagaimana tema yang diangkat, dalam acara ini juga dilaksanakan diskusi secara virtual. Pada diskusi ini mencoba mengulas tema dari berbagai perspektif. Narasumber pada diskusi ini yaitu: Prof. Dr. R. Siti Zuhro, MA., perspektif politik; Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA., CBE., perspektif agama; Prof. Dr. Didik J. Rachbini, perspektif ekonomi; dr. M. Adib Khumaidi, Sp., OT., perspektif kesehatan; Hilmar Farid, Ph.D., perspektif budaya. Acara ini juga dihadiri secara langsung Dekan FISIP UMJ, Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasy, M.Si., yang dipercaya untuk memimpin jalannya diskusi (moderator). (Rofie/PSIP)

Artikel Terkait