PKKMB Online UMJ 2020

Jakarta, 08 – 10 September 2020, Universitas Muhammadiyah Jakarta mengadakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara online di tengah kondisi pandemi dan masih terus bertambahnya kasus positif Covid-19 di berbagai daerah, pemerintah Indonesia saat ini sedang bersiap menjalankan tatanan kehidupan normal baru atau new normal di berbagai sektor. Tak terkecuali sektor pendidikan tinggi. Meskipun kalender akademik perguruan tinggi dimulai Agustus 2020, perkuliahan tatap muka tetap ditiadakan sampai akhir 2020. Dengan demikian, Universitas Muhammadiyah Jakarta akan tetap menyelenggarakan kuliah secara daring. Mahasiswa baru tidak akan bertemu dan berkenalan secara langsung dengan teman seangkatan mereka, para senior mereka, dan dosen-dosen yang akan mengajar mereka. Mahasiswa baru pula tidak bisa langsung menginjakkan kaki di kampus untuk mengenal laboratorium, perpustakaan dan berbagai sarana-prasarana kampus secara langsung.

Pembukaan PKKMB Online UMJ 2020

Pada hari pertama, PKKMB Online UMJ yang bertema “Semangat Integritas Insan Cendikia di Era Digital” yang dimulai pukul 07.30 WIB dibuka dengan Pembacaan Qallam Ilahi, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Muhammadiyah dan Mars UMJ kemudian PKKMB Online UMJ 2020 di buka oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta, Prof. Dr. Syaiful Bakhri, SH., MH. kemudian dilanjutkan sambutan PKKMB Nasional Mendikbud RI, Bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. melalui video rekaman, kemudian di lanjutkan dengan materi tentang Pendidikan Karakter yang diisi oleh Bapak Prof. Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed. dan dilanjutkan dari Wakil Rektor I di bidang Akademik, Wakil Rektor II di bidang Administrasi dan Keuangan, Wakil Rektor III di bidang Kemahasiswaan dan Wakil Rektor IV di bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Selanjutnya PKKMB UMJ dilaksanakan oleh BEM UMJ, UKM UMJ dan yang terakhir Ortom di UMJ.

Sambutan dari Wakil Rektor II

Pada hari kedua PKKMB Online dilakukan di Fakultas masing-masing salah satunya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMJ yang dimulai pukul 07.30 WIB diawali dengan pembacaan Qallam Ilahi dan dilanjutkan dengan selayang pandang, penyambutan dan pengenalan kehidupan kampus fakultas oleh Dekan dan Wakil Dekan kemudian di lanjutkan MASTAMA BEM, DPM, Himpunan, LSO dan UKM Fakultas dan terakhir di tutup oleh Masta Ortom Tingkat Fakultas yang di isi oleh IMM Komisariat.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Muhammadiyah, dan Mars UMJ
Pengenalan Masta Ortom Tingkat Fakultas: IMM
PKKMB Online FISIP UMJ Melalui Zoom Meeting

Pada hari ketiga PKKMB Online dimulai pukul 07.30 WIB diawali dengan pembacaan Qallam Ilahi dan dilanjutkan dengan Sharing Informasi Dekan, Wakil Dekan I di bidang Akademik, Wakil Dekan II di bidang Administrasi dan Keuangan, dan Wakil Dekan III di bidang Kemahasiswaan kemudian pada pukul 09.40-12.00 WIB dilanjutkan dengan sharing informasi program studi yang diisi oleh Kaprodi masing-masing jurusan.

Sharing Informasi Wakil Dekan II
Sharing Informasi Program Studi Kesejahteraan Sosial
Sharing Informasi Program Studi Administrasi Publik
Sharing Informasi Program Studi Ilmu Politik
Sharing Informasi Program Studi Ilmu Komunikasi

Selanjutnya PKKMB UMJ Fakultas di lanjutkan dengan Sharing Informasi Lembaga Tingkat Fakultas yang diisi oleh AIK, UKM, dan LPPM.

Sharing Informasi Lembaga Tingkat Fakultas: AIK
Sharing Informasi Lembaga Tingkat Fakultas: UKM

Kemudian acara ditutup pukul 14.30 WIB oleh Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Bapak Djoni Gunanto, S.IP., M.Si.

Artikel Terkait