Senin , 16 September 2019

Mahasiswa Administrasi Publik Dan Mahasiswa Ilmu Politik Berkolaborasi Dalam Presentasi Paper Pada International Student Conference 2019 Di Thammasat University, Bangkok Thailand

BANGKOK Januari 2019 – BISC singkatan dari Bangkok International Student Conference kembali melaksanakan kegiatan seminar international yang diperuntukkan untuk kalangan mahasiswa. Pada tahun 2018 BISC mengangkat tema “One Belt, One Road: Path to Comprehensive Regional Development” yang diusung oleh negeri Gajah Putih itu. Sementara pada tahun 2019 kali ini BISC menggelar acara yang mengangkat tema “Redefining Democracy: The New Battleground?.”

Dua mahasiswa FISIP UMJ berhasil melakukan kolaborasi Presentasi Paper yang kegiatan tersebut yakni Joly Apriansyah dari program studi Administrasi Publik dan  Ilham Munniam dari Program Studi Ilmu Politik. Banyak sekali kegiatan yang diikuti delegasi salah satunya, presentasi paper dan debating antar panel. Delegasi mahasiswa FISIP UMJ mengangkat topik “Islamic Populism and Indonesian Democracy: Case 212” tema yang masih hangat untuk diperbincangkan baik dalam Negara Indonesia sendiri maupun di dunia internasional.

Kegiatan seminar internasional tersebut memberikan pelajaran dan pengalaman berharga untuk mahasiswa, mereka tidak hanya memdapatkan tambahan wawasan dalam pengembangan kapasitas keilmuwan sebagai masyarakat ilmiah, akan tetapi ini membuktikan bahwa mahasiswa terkhusus FISIP UMJ mampu berkompetisi tidak hanya diharuskan untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa FISIP UM ditingkat nasional tapi sampai ke tingkat internasional. Kegiatan tersebut tentunya mendapat dukungan penuh dari segenap civitas akademika Universitas Muhammadiyah Jakarta, terutama dari pimpinan Fakultas (FISIP) yang selalu memotivasi dan mendukung kegiatan-kegiatan mahasiswa baik.

Keikutsertaan Joly Apriansyah pada kegiatan BISC juga sangat didukung oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMIA FISIP UMJ) selaku Himpunan Mahasiswa Program Studi. Ketua Umum HIMIA, Danny Yusuf, mengatakan melihat potensi mahasiswa saat sekarang seperti emas di dalam tanah yang harus digali lebih dalam agar tumbuh generasi-generasi emas, baik itu dibidang akademik maupun potensi dibidang ekstrakulikuler.

Joli dan Ilham selaku delegasi FISIP UMJ di acara Bangkok International Student Conference tentunya mengikuti kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh semangat mereka yang selalu ingin berkemajuan sehingga mereka mengembangkan network baik dalam internal kampus maupun diluar kampus dalam mengakses informasi, untuk itu mereka menghimbau  teman-teman mahasiswa lainnya untuk proaktif mencari informasi untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri, serta sering ikut kegiatan di luar kampus seperti berorganisasi di internal kampus maupun eksternal kampus dengan begitu informasi yang masuk pasti akan banyak dan dapat disaring kembali sesuai dengan kemampuan masing-masing. Dengan mengikuti konferensi memberi manfaat dalam menambah relasi antar negara. Negara yang turut hadir dalam BISC 2019 ini yakni negara dilingkungan ASEAN, berbagai negara di benua Asia lainnya seperti Bangladesh dan Pakistan, bahkan negara di benua Afrika seperti Madagascar juga turut hadir dalam konferensi ini.

Check Also

PERBANDINGAN ANTARA PENDIDIKAN DAN PROFESI PEKERJAAN SOSIAL DI INDONESIA DAN JERMAN

  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Jakarta menjadi saksi bergabungnya ke-dua …

X