Rabu , 20 Maret 2019

MAHASISWA ADMINISTRASI PUBLIK FISIP UMJ BERPARTISIPASI DALAM PAWAI BUDAYA KONGRES KEBUDAYAAN 2018

Jakarta, 9 Desember 2018 , telah terlaksana salah satu kegiatan yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Pawai Budaya Kongres Kebudayaan yang bertema Pusaran Daya Nusantara : Warna Indonesia Daya Nusantara. Kegiatan yang dilaksanakan 5 tahun sekali ini sekaligus memperingati 100 tahun penyelenggaraan Kongres Kebudayaan, dari sejak pertama kali digelar pada tahun 1918 di Surakarta, serta sebagai bentuk penyambutan akan hadirnya Undang-undang nomor 5 tahun 2017, Undang-undang Kebudayaan pertama sejak Republik Indonesia berdiri.

Kegiatan ini diikuti oleh ±2.500 peserta yang tergabung dari komunitas dan beberapa sekolah yang ada di Jakarta. Dua  orang mahasiswa dari program studi administrasi publik FISIP Univitersitas Muhammadiyah Jakarta menjadi peserta dalam pawai budaya tersebut setelah lolos proses seleksi, yakni : atas nama Mella Tamara dan Ulung Diah Rahmawati. Pawai budaya dilakukan sebagai bagian penting dari puncak acara Kongres Kebudayaan di mana peserta akan menyerahkan hasil-hasil kongres kepada Presiden Joko Widodo. Pawai dilaksanakan mulai pukul 06.30-11.00 WIB di Plaza Selatan Senayan yang bermula dari Pintu 5 Gelora Bung Karno Senayan dan malam dilaksanakan pukul 19.00 WIB di panggung utama yang dihadiri oleh Presiden dan beberapa menteri serta perwakilan dari setiap provinsi.

Para peserta yang berasal dari komunitas harus melewati tahap seleksi yang dilaksanakan pada tanggal 2 Desember lalu. Setelah lolos seleksi, para peserta dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok A, B, dan C. Setelah pembagian kelompok baru lah dimulai latihan, latihan pertama dan kedua hanya dilakukan oleh kelompok A dan B yang dimulai tanggal 4 Desember pukul 14.00 sampai 18.00 di GOR Simprug Pertamina. Latihan ketiga dan keempat yang dilakukan oleh semua kelompok dan siswa sekolah  dilaksanakan pada tanggal 6 dan 7 Desember mulai pukul 14.00-18.00 di Lapangan Madya Gelora Bung Karno. Pada tanggal 8 Desember telah dilakukan gladi resik yang dimulai pukul 07.00-12.30 di Lapangan Madya GBK.

Pawai budaya yang dilaksanakan pada pukul 06.30 juga dimeriahkan oleh beberapa perwakilan yang datang langsung dari setiap provinsi di Indonesia dan parade National Costume Indonesia. Pada malam puncak pukul 19.00 diikuti oleh 50 penari yang terbagi menjadi 10 kelompok. Tidak hanya tarian yang ada, tapi juga ada makanan tradisional. Kegiatan pada malam ini ditujukan untuk menyerahkan hasil-hasil kongres kepada Presiden Joko Widodo.

 

Check Also

KEJUARAAN PENCAK SILAT PAKU BUMI OPEN CUP VI 2019 ANTAR PELAJAR SD, SMP, DAN MAHASISWA TINGKAT NASIONAL, ASIA DAN EROPA

Jakarta – Prestasi membanggakan kembali di raih Organisasi Otonom (ORTOM) TAPAK SUCI Universitas Muhammadiyah Jakarta …

X