Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK)

Merupakan Lembaga resmi ditingkat fakultas yang bertugas untuk melaksanakan pembinaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan bagi civitas akademika FISIP UMJ.

Universitas Muhammadiyah Jakarta memiliki visi menjadi kampus yang Terkemuka, Modern dan Islami. Secara khusus, visi tersebut diterjemahkan dalam salah satu misi yaitu mewujudkan keunggulan di bidang pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta Al-Islam Kemuhammadiyahan.

 

Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al-Islam Kemuhammadiyahan (LPP AIK) UMJ bekerja sama dengan pimpinan dan stakeholder di lingkungan sivitas akademika UMJ untuk mewujudkan visi institusi dengan baik.

 

LPP-AIK melaksanakan seluruh kegiatan AIK mencakup kegiatan akademik dan non-akademik baik yang dilaksanakan dalam lingkup pimpinan, dosen, karyawan dan mahasiswa. Kegiatan akademik berupa pembelajaran kelas Akidah Akhlak, Ibadah, Muamalah, Islam dan Disiplin Ilmu serta Kemuhammadiyahan. Sebagai bentuk integrasi keislaman dalam berbagai bidang LPP AIK bekerja sama dengan LPPM memfasilitasi penelitian terkait dengan AIK baik dilingkungan internal UMJ ataupun eksternal. Juga mengintegrasikan nilai AIK dalam pengabdian masyarakat dan KKN mahasiswa.

 

Kegiatan non akademik menjadi salah satu hal penting yang menjadi perhatian adalah kemampuan baca Al-Quran sivitas akademika UMJ. Maka, AIK mengadakan BBQ (Bina Baca Al-Quran) untuk mahasiswa, Pengajian Keislaman, Tadarus Al-Quran, baik untuk para dosen maupun tendik maupun komunitas Aisiyah; baik di tingkat rektorat atau pun fakultas-fakultas dengan di bantu UPP-AIK Fakultas.

Ketua UPP-AIK FISIP UMJ

 

Nama : Mulkan Habibi, S.Kom.I,M.I.Kom.

Telepon : +62 21 7445658

Alamat Kantor : Gedung FISIP UMJ

Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Visi

Menjadi Fakultas yang Islami dalam pengambangan keilmuan di bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Indonesia Tahun 2025.

Misi

  1. Menguatkan Aqidah Tauhid.
  2. Mengamalkan Ibadah Mahdhah sesuai sunnah Rasulullah SAW.
  3. Menerapkan perilaku hidup yang berakhlak mulia.
  4. Mengintegrasikan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni dengan Nilai-nilai Islam.
  5. Membina dan Mengembangkan Ranting-Cabang Persyarikatan Muhammadiyah.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan

Telp. 021 – 7423273, 7445658

Fax. 021 – 74709730