Program Studi Ilmu Komunikasi

Didirikan pada tahun 1989, dengan konsentrasi Public Relations (Hubungan Masyarakat) dan Advertising (Periklanan), serta pada tahun 2016 menambah konsentrasi Broadcasting (Penyiaran). Prospek kelulusan alumni Program Studi Ilmu Komunikasi berpeluang sebagai praktisi dan konsultan Public Relations, Periklanan dan Penyiaran, baik di lembaga pemerintah maupun perusahaan swasta. Selain itu dapat pula berkarier sebagai media planneraccount executiveart/creative, copywriter, wartawan, peneliti dan dosen.

 

Visi

Menjadikan Program Studi Ilmu Komunikasi  terkemuka, modern dan Islami yang dikenal unggul dalam catur darma perguruan tinggi di bidang Public relationsAdvertising dan Broadcasting.

 

Misi

  1. Mengimplementasikan proses belajar mengajar dalam bidang Ilmu Komunikasi dengan menggunakan strategi dan sistem pembelajaran modern.
  2. Menetapkan program studi ilmu Komunikasi menjadi unggul serta mengembangkan kurikulum Public Relations, Advertising dan Broadcasting dengan pendekatan sistem sehingga diperoleh outcome yang mampu mengikuti kebutuhan industri.
  3. Proaktif dalam organisasi profesi dan kemasyarakatan serta mengkaji dan mencari penyelesaian permasalahan Public Relations, Advertising dan Broadcasting dengan pendekatan Islami.

 

Tujuan

  1. Memahami konsep ilmu-ilmu sosial dan ilmu komunikasi khususnya Public Relations, Advertising, dan Broadcasting dalam konteks perkembangan keilmuan sesuai dengan perspektif global di era digital.
  2. Memahami berbagai kajian ilmu komunikasi di bidang Public Relations, Advertising dan Broadcasting guna menghasilkan penelitian dan penciptaan ide kreatif yang dapat menjadi landasan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di bidang komunikasi
  3. Memahami sistem usaha komunikasi di bidang Public Relations, Advertising, dan Broadcasting sehingga mampu berkontribusi dalam industri komunikasi dan menjadi sumber daya manusia yang handal di bidangnya.
  4. Kreatif dan inovatif, serta mampu berwirausaha dengan mengedepankan konsep kreativitas pada ilmu komunikasi bidang Public Relations, Advertising dan Broadcasting dengan memanfaatkan teknologi terkini.
  1. Public Relations
  2. Advertising
  3. Broadcasting
  • Praktisi Komunikasi yang profesional dan Islami dalam bidang Public Relations, Advertising dan Broadcasting

Memahami berbagai kajian ilmu komunikasi dan sistem usaha komunikasi di bidang Public Relationskhususnya Public Affairs, Advertisingkhususnya Creative dan Strategic Planning, serta Broadcasting khususnya Broadcast Content Creator sehingga  mampu berkontribusi dalam industri komunikasi dan menjadi sumber daya manusia Islami yang profesional di bidangnya.

 

  • Peneliti Komunikasi di bidang Public Relations, Advertising, dan Broadcasting

Memahami ilmu-ilmu komunikasi dan metode penelitian komunikasi sehingga mampu melakukan penelitian komunikasi di bidang Public Relations, Advertising dan Broadcasting.

 

  • Wirausahawan Komunikasi berbasis kreatif

Kreatif dan inovatif, serta mampu berwirausaha dengan mengedepankan konsep kreativitas pada ilmu komunikasi dengan memanfaatkan teknologi digital.

• Kurikulum Program Studi Konsentrasi Public Relations Download

• Kurikulum Program Studi Konsentrasi Advertising Download

• Kurikulum Program Studi Konsentrasi Broadcasting Download

  • Ilmu Komunikasi Tahun 2016-2021 Download
  • Ilmu Komunikasi Tahun 2021-2026 Download

Kaprodi Ilmu Komunikasi

Nama : Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si.

Telepon : +62 21 7445658

Email : oktaviana.purnamasari@umj.ac.id

Alamat Kantor : Gedung FISIP UMJ

Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang

Sekprodi Ilmu Komunikasi

Nama : Jamiati KN, S.I.Kom., M.I.Kom.

Telepon : +62 21 7445658

Email : jamiati.kn@umj.ac.id

Alamat Kantor : Gedung FISIP UMJ

Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Informasi lebih lanjut kunjungi link ilkom.umj.ac.id

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan

Telp. 021 – 7423273, 7445658

Fax. 021 – 74709730