FISIP UMJ Adakan Pelatihan Service Excellence bagi Tenaga Kependidikan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) menggelar kegiatan pelatihan service excellent bagi tenaga kependidikan (tendik) FISIP UMJ yang dilaksanakan pada Selasa, 07 Juni 2022 di The Pelangi Hotel Resort, Sentul Bogor. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pengembangan diri untuk tendik dalam memberikan pelayanan yang responsif, transparansi dan akuntabel. Berorientasi kepada pelayanan publik, dengan visi “Terkemuka, Modern, Islami” menjadikan tantangan besar dan tujuan dalam penyelenggaraan tata kelola di FISIP UMJ.

Wakil Dekan I FISIP UMJ, Drs. Amin Thohari, M.Si., dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sudah diagendakan sejak 3 (tiga) tahun lalu karena terhambat Covid-19 pelatihan untuk tendik baru dilaksanaan saat ini. “Pelatihan merupakan sebuah kegiatan pengembangan diri yang perlu dilakukan oleh organisasi dalam penyediaan produktivitas yang berorientasi pelayanan kepada mahasiswa dan tata kelola organisasi”.

Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi pondasi bagi keberhasilan sebuah organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan, menajemen SDM harus dapat dikelola dengan baik  melalui sistem manajemen yang mendukung, dalam menunjang hal tersebut “UMJ telah menerapkan E-Surat sebagai bentuk pelayanan digitalisasi guna memudahkan segala bentuk proses pelayanan publik” pungkas Mutmainnah (Warek II UMJ).

“Dalam rangka meningkatkan pelayanan public yang berorientasi responsif” maka Pimpinan FISIP UMJ dengan kesungguhan untuk memberikan pelayanan public yang akuntabel diselenggarakan pelatihan service excellent untuk dapat mengoptimalkan kinerja penyelenggaraan pelayanan kepada mahasiswa. Kata Amin Tohari.

Pada proses pengembangan dan pembaharuan manajemen SDM yang unggul, Agus Suradika (Sekretaris BPH UMJ) “ada 5 ligkup dalam pembaharuan untuk tercapai SDM yang unggu yakni: pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian dan pembaharuan” ruang lingkup tersebut harus diarahkan ke masa depan untuk kemajuan UMJ.

Dekan FISIP UMJ berharap “dalam proses kegiatan berlangsung Bapak dan Ibu dapat mengikuti secara seksama dari setiap materi yang diberikan, untuk dijadikan sebagai modal dalam menunjang pekerjaan Bapak dan ibu” harapan tersebut tentu harus dilaksanakan secara khidmat dan penuh tanggung jawab untuk menjadi FISIP UMJ yang lebih maji dan berkembang.

Rektor UMJ “diharapkan pada kegiatan service excellent ini dapat memahami dan bisa diterapkan guna membangun pelayanan yang memberi kebahagiaan” benar yang tadi disampaikan oleh penceramah bahwa pemberi pelayanan bukan hanya petugas yang berada pada garis depan, melainkan semua orang yang memiliki kebahagian, karena kebahagian merupakan bentuk dari tujuan service excellent. Kata Ma’mun Murod,

Djoni Gunanto menambahkan bahwa “sebagai penyelenggara pelayanan public kita harus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa karena sebagai sumber pendapatan utama dalam penyelenggaraan organisasi” oleh dari itu pelayan public harus didasari dengan penuh keikhlasan dan kebahagiaan yang hakiki bukan sebatas fungsional dalam proses pemberian pelayanan public.

Pelatihan Service Excellent dilaksanakan selama dua hari satu malam dengan harapan “dapat mengembangkan potensi diri untuk menunjang produktivitas kerja” kata Amin Tohari dalam membuka acara. Produktivitas kerja dapat dilakukan melalui pengembangan diri dan kesungguhan yang ikhlas, karenanya dalam proses bekerja niatkan segala sesuatu untuk ibadah.

Pengisi acara dalam kegiatan ini yakni dari Mixor Training oleh Asep Salwani, yang menyampaikan bahwa “dalam meningkatkan motivasi kerja yang pertama kita harus bahagia dan bersyukur” dorongan terhadap produktivitas kerja akan berkembang dengan semangat yang ikhlas  untuk memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa.

Serta dari CSB training internasional memberikan materi tentang service excellent mengungkapkan “sebelum memberikan pelayanan kepada siapapun kita harus memiliki kebahagian lebih, karena prinsipnya pelayanan prima adalah memberikan kebahagian” senyuman dan kebahagian yang diberikan harus bersifat ikhlas bukan sebagai penerapan Standar Operasional prosedur sehingga peningkatan SDM dan kelembagaan akan lebih baik, kata Zuly Husni Tempo.

Kegiatan Service Excellent ditutup dengan acara outbond yang sangat menyenangkan ditambah dengan candaan serta tawa dari peserta. Memberikan dampak positif serta kebahagian dalam momen yang berlalu. Disuguhkan dengan hadiah kepada para pemenang membuat jiwa kompitisi peserta semakin meningkat.

Terakhir pasca kegiatan ini akan dilakukan monitoring dan evaluasi dalam penyelenggaraan pelayanan  pada kurun waktu 3 bulan dinilai dari kepuasaan mahasiswa, prosedur pelayanan, kerapihan tata kelola organisasi, dan meningkatnya prdouktivitas kinerja.

Sumber : https://umj.ac.id/berita-universitas/2022/06/fisip-umj-adakan-pelatihan-service-excellence-bagi-tenaga-kependidikan/