FISIP UMJ Selenggarakan Workshop Penyusunan Roadmap Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Institusi Pendidikan khususnya Perguruan Tinggi memiliki kedudukan yang sangat penting bagi perkembangan dan kemajuan sebuah bangsa. Lebih luas lagi Pendidikan juga berkontribusi pada kemajuan peradaban. Melalui Catur Dharma, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) terus berupaya mencapai visinya yakni ‘’Menjadi Universitas Terkemuka, Modern, dan Islami”. Visi ini tentunya bisa dicapai dengan dukungan berbagai unsur di UMJ, mulai dari pimpinan universitas sampai dengan jajaran dosen dan para mahasiswa. Untuk itu UMJ terus berupaya meningkatkan kualitas dan dampaknya bagi masyarakat dengan berbagai cara. Salah satunya ialah upaya meningkatkan kualitas penilitian dan pengabdian masyarakat di setiap fakultas.

Berkaitan dengan hal tersebut, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menyelenggarakan Workshop Penyusunan Roadmap Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat secara daring pada Kamis, 24 Maret 2022. Diikuti oleh seluruh jajaran pimpinan fakultas dan juga dosen, kegiatan ini diharapkan menghasilkan luaran. Seperti yang disampaikan oleh dekan FISIP UMJ, Dr. Evi Satispi, M.Si., ‘’Saya berharap workshop ini akan menghasilkan pedoman yang nanti menjadi acuan bagi para dosen.’’

Roadmap merupakan hal yang penting bagi peningkatan kualitas fakultas. Hal ini ditegaskan oleh Prof. Dr. Tri Yuni Hendrawati, ST., M.Si., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMJ yang sekaligus hadir menjadi narasumber, ‘’Roadmap sangat penting keberadaanya. Kemajuan universitas bukan hanya ditentukan oleh kerja pimpinan universitas tapi juga kinerja kita semua. Roadmap ini membantu kita melihat bagaimana produktifitas akademik peneliti, kelompok peneliti, dan prodi’’. Prof. Triyuni menargetkan peserta workshop untuk Menyusun roadmap fakultas, roadmap prodi, dan roadmap dosen.

Hal ini tentunya sangat diharapkan bagi kemajuan fakultas dan universitas. Lebih jauh lagi, semoga upaya ini dapat memberikan dampak pada masyarakat sesuai dengan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah. (KSU/DN)

Sumber: https://umj.ac.id/berita-universitas/kampus/2022/03/fisip-umj-selenggarakan-workshop-penyusunan-roadmap-penelitian-dan-pengabdian-kepada-masyarakat/