FISIP UMJ Siap Membuka Program Studi Doktor Ilmu Administrasi Publik

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) akan segera membuka Program Studi Doktor Ilmu Administrasi Publik. Rabu (18/05/22) FISIP telah menerima visitasi dari LLDIKTI Wilayah III dan DIKTI serta asesor untuk melakukan Evaluasi Lapangan, Usul Penyelenggaraan Program Studi Doktor Ilmu Administrasi Publik tersebut.

Bertempat di Aula Kasman Singodimedjo FISIP UMJ, visitasi diawali dengan penyambutan pejabat LLDIKTI, DIKTI dan ketiga asesor oleh pihak kampus UMJ. Rektor UMJ beserta jajarannya, para dekan, dan sivitas akademika di lingkungan UMJ turut serta menyambut kehadiran asesor.

FISIP UMJ memiliki 4 (empat) prodi sarjana yakni Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi dan Ilmu Administrasi Publik, dan 3 (tiga) prodi magister yakni Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik dan Ilmu Administrasi Publik. Selama dua tahun terakhir, sivitas akademika FISIP UMJ fokus mengupayakan usul penyelenggaraan Program Studi Doktor Ilmu Administrasi Publik.

Rektor UMJ, Dr. Ma’mun Murod, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, “FISIP adalah fakultas tertua di UMJ. Memiliki empat program studi sarjana dan tiga program magister. Insya Allah, kita doakan Program Doktor Administrasi Publik bisa segera mendapatkan SK. Harapannya tentu akan lahir prodi peningkatan, yakni Prodi Administrasi Publik.”

“UMJ berikhtiar mengusahakan akreditasi untuk unggul. Upaya peningkatan salah satunya kebijakan meminimalisir prodi baru, kecuali peningkatan prodi doktor. Harapannya melalui visitasi hari ini kami berharap betul bahwa pendirian Program Studi Doktor Ilmu Administrasi Publik bisa segera terealisasi. Dan harapan ini saya kira sesuai dengan ikhtiar yg kita lakukan selama ini”, lanjut Ma’mun.

Menurut penuturan Koordinator Kelembagaan mewakili Kepala LLDIKTI Wilayah III, Tri Munanto, usulan penyelenggaraan Program Studi Doktor Ilmu Administrasi Publik telah diterima pada akhir tahun 2021 dan langsung direkomendasikan. “Saat ini hanya satu perguruan tinggi yang memiliki Program Studi Doktor Ilmu Administrasi Publik, sedangkan tingkat magister ada dua perguruan tinggi. Sehingga jika dilihat dari prosentase keseluruhan, tentu sangat kecil dan langka. Kami sangat mendukung adanya prodi ini,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut LLDIKTI Wilayah III juga menyampaikan dukungan dan dorongan untuk UMJ dalam rangka peningkatan akreditasi menuju A atau unggul. “Dari LLDIKTI siap memfasilitasi untuk pendampingan bagi peningkatan terakreditasi,” tegasnya.

Menurut Direktur Kelembagaan DIKTI, yang diwakili oleh Henriette, visitasi yang dilakukan merupakan tahapan lanjutan setelah adanya tahapan pertama yaitu kelengkapan penunjang penyelenggaraan prodi. Tiga asesor yang ditunjuk oleh DIKTI untuk melakukan evaluasi adalah Prof. Dr. H. Joni Emirzon, S.H., M.Hum., Prof. Dr. Ir., Euphrasia Susy Suhendra, MS., dan Prof. Dr. Yulianto, M.S. Kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi oleh tim asesor yang meliputi kurikulum, tenaga kependidikan dan sarana prasarana. Sivitas akademika FISIP UMJ atas dukungan seluruh unsur yang ada di UMJ sangat optimis bahwa Program Studi Doktor Ilmu Administrasi Publik dapat segera dibuka. (KSU/DN)

Sumber: https://umj.ac.id/berita-universitas/2022/05/fisip-umj-siap-membuka-program-studi-doktor-ilmu-administrasi-publik/