Tingkatkan Kualitas Penulisan Ilmiah, Ilmu Komunikasi FISIP UMJ Adakan International Workshop on Research and Academic Writing

Kamis (31/03/2022), Ilmu Komunikasi FISIP UMJ menyelenggarakan Internasional Workshop on Research and Academic Writing dalam rangka meningkatkan jumlah dan mutu karya ilmiah bagi para dosen di lingkungan UMJ. Kegiatan yang dilakukan secara daring ini menghadirkan 2 (dua) narasumber yaitu Nyarwi Ahmad, Ph.D., Dosen UGM, dan Cahyono Seftyono, S.Sos., M.A., Dosen Univ. Negeri Semarang.

Oktaviana Purnamasari, Kaprodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meng-upgrade penulisan ilmiah dosen. Menurutnya, dosen wajib memiliki artikel yang di-publish jurnal ilmiah bereputasi.

Membawakan materi “Riset dan Penulisan Akademik: Megantisipasi Tantangan dan Merumuskan Strategi Efektif,” Nyarwi Ahmad membuka pemaparannya dengan sebuah penjelasan bahwa karya ilmiah sebagai unsur penelitian dosen di mana karya ilmiah merupakan hilirisasi hasil penelitian dosen. “Dan karya ilmiah yang bagus, dihasilkan dari proses dan hasil riset yang bagus,” terangnya.

Dalam paparannya, Nyarwi Ahmad juga mengatakan pentingnya memahami peta dan  memiliki strategi dalam menulis artikel jurnal. Peta yang dimaksud adalah peta perkembangan atau publikasi bidang keilmuan, peta publikasi yang terkait dengan bidang kajian yang menjadi minat masing-masing dosen dan memahami topik yang ditulis. Sedangkan strategi yang Ia maksud berupa pemahaman dan latihan beragam tips menulis artikel untuk jurnal ilmiah.

Meski demikian, Nyarwi kembali menggarisbawahi pentingnya riset. Katanya, publikasi yang berkualitas berbasis pada riset akademik yang baik.

Senada dengan Nyarwi, Cahyono menekankan pentingnya membaca bagi dosen dan peneliti. “Semakin banyak membaca akan semakin banyak kita terpapar informasi untuk dikutip,” katanya. Menurutnya, sumber bacaan sebagai bahan referensi jangan dibatasi pada sumber-sumber dalam negeri saja, “karena bisa saja artikel kita sudah dibahas oleh orang lain di luar sana,” ungkapnya. (KSU/MZ)