Kategori
Berita Kampus

Diskusi Buku Hamas: Dukung Kemerdekaan Palestina

Untuk membahas dukungan internasional terhadap kemerdekaan Palestina, Asia Middle East Center (AMEC) Indonesia menggelar Diskusi Buku berjudul “Hamas Superpower Baru Dunia Islam” pada Senin (24/06/2024).

Diskusi ini menghadirkan Pizaro Gozali, penulis buku, dan pengamat GeoPolitik yang juga Fungsionaris DPN Partai Gelora, Tengku Zulkifli Usman. Diskusi dipandu oleh Dr. Asep Setiawan, MA., dosen MIPOL UMJ yang juga Koordinator AMEC Indonesia.

Baca juga : Orasi Civitas Academica UMJ di Aksi Bela Palestina

Saat membuka acara Asep menerangkan bahwa diskusi buku setebal 307 halaman dan telah terbit sejal Mei 2024 ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan AMEC di Indonesia.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/06/diskusi-buku-hamas-dukung-kemerdekaan-palestina/

Kategori
Berita Kampus

HUT Jakarta ke-497: FKK UMJ Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Rawamangun

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke-479, dosen Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) dr. Rayhana, M.Biomed. melaksanakan pengabdian masyarakat.

Program pengabdian masyarakat yang dilakukan yaitu Edukasi Penggunaan Air Bersih di Jalan Pemuda IV, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Sabtu (22/06/2024). Kegiatan itu berkolaborasi dengan Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia Cabang Jakarta (PERMI Jakarta).

Baca juga : FT UMJ Jadi Mitra Program Pengabdian Masyarakat PDA Jakarta Utara

Kegiatan ini melibatkan dosen dan mahasiswa lintas perguruan tinggi yaitu Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI)Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI)FMIPA Universitas Negeri Jakarta (UNJ), serta Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti (FK UT).

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/06/hut-jakarta-ke-497-fkk-umj-laksanakan-pengabdian-masyarakat-di-rawamangun/

Kategori
Tak Berkategori

Kemendikbudristek RI Ingatkan Perguruan Tinggi untuk Lindungi SATGAS PPKS

Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (SATGAS PPKS) yang dimiliki perguruan tinggi harus dilindungi oleh pimpinan dan warga universitas dalam menjalankan tugasnya. SATGAS kerap mendapat tekanan dari relasi kuasa di kampus sehingga tidak dapat menangani kasus dengan baik.

Baca juga : ULKSP UMJ Gelar Seminar Pencegahan Pelecehan Seksual di Lingkungan Kampus

Pernyataan itu disampaikan oleh Deama Ratna, Sub Pokja Penanganan Kekerasan di Bidang Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI), dalam Seminar Nasional Seminar bertajuk “Menciptakan Ruang Aman Guna Pencegahan Pelecehan Seksual di Lingkungan UMJ”, Senin (24/06/2024).

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/06/kemendikbudristek-ri-ingatkan-perguruan-tinggi-untuk-lindungi-satgas-ppks/

Kategori
Berita Kampus

Mahasiswa UMJ Lolos Program Kredit Internasional ke Northeast Forestry University China

Sebanyak lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) berhasil lolos Program Kredit Transfer Internasional Kemendikbud Ristek Dikti 2024. Kabar ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kerja Sama dan Urusan Internasional (KKUI) Endang Zakaria, MH.

Baca juga : LPP-AIK UMJ Serahkan Hadiah UAH Kepada Mahasiswa Internasional

Mahasiswa tersebut yaitu Nadya Asri Ananda (Manajemen), Nahya Astriana (Ekonomi Islam), Fithria Anadalas (Administrasi Publik), Keissa Nazelina (Kesejahteraan Sosial), dan Fadhli Ramadhan (Pendidikan Bahasa Inggris). Kelimanya akan mengikuti program di Northeast Forestry University (Nefu), Harbin, China.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/06/mahasiswa-umj-lolos-program-kredit-internasional-ke-northeast-forestry-university-china/

Kategori
Berita Kampus

Rektor UMJ Apresiasi Huawei Indonesia Kembangkan Ekonomi Hijau

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., mengapresiasi program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Huawei Indonesia dalam pengembangan ekonomi hijau yang melibatkan komunitas muslim Indonesia.

Baca juga : Iduladha 1445 H: UMJ Terima 5 Ekor Hewan Kurban dari PT Huawei

Hal ini disampaikannya saat menghadiri kegiatan CSR Donasi Kurban 1445 H bertajuk “Executive InspiraTalk 2024: Ekonomi Hijau Digital Syariah untuk Menuju Indonesia Emas 2045″ di Masjid Albina, Gelora Bung Karno, Senin (24/6/2024).

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/06/rektor-umj-apresiasi-huawei-indonesia-kembangkan-ekonomi-hijau/

Kategori
Berita Kampus

ULKSP UMJ Gelar Seminar Pencegahan Pelecehan Seksual di Lingkungan Kampus

Unit Layanan Kekerasan Seksual dan Perundungan (ULKSP) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), menggelar Seminar Nasional di Auditorium dr. Syafri Guricci, Kamis (20/06/2024). Kegiatan yang bertajuk Menciptakan Ruang Aman Guna Pencegahan Pelecehan Seksual di Lingkungan UMJ ini diikuti oleh civitas academica UMJ.

Baca juga : ULKSP UMJ Berikan Edukasi Pencegahan Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus

Ketua ULKSP UMJ Puan Dinaphia Yunan, SH., MH. mengatakan, seminar tersebut digelar atas inisiasi mahasiswa yang tergabung dalam satuan tugas pencegahan dan penanganan kekerasan seksual (SATGAS PPKS).

Kategori
Berita Kampus

Mahasiswa Teknik Industri Kunjungi PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia

Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (HMTI FT UMJ), mengunjungi PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (21/06/2024).  

Baca juga : PK IMM FT UMJ Optimalkan Branding Melalui Pelatihan Manajemen Media Sosial

Kunjungan dilakukan untuk memberikan kesempatan mahasiswa memahami penerapan ilmu di dunia kerja. Mahasiswa dikenalkan proses manufaktur, ergonomi dan perancangan sistem kerja dalam pabrik berstandar internasional.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/06/mahasiswa-teknik-industri-kunjungi-pt-hyundai-motor-manufacturing-indonesia/

Kategori
Berita Kampus

PK IMM FT UMJ Optimalkan Branding Melalui Pelatihan Manajemen Media Sosial

Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (PK IMM FT UMJ) menyelenggarakan pelatihan manajemen media sosial, Sabtu (22/06/2024).

Baca juga : Mahasiswa Teknik Industri UMJ Selenggarakan Talkshow Inspiratif

Pelatihan yang digelar di Ruangan Pusat Komputer FT UMJ ini menghadirkan Virgi Alfiansah, S.Kom. Alumni yang juga praktisi di bidang digital creative & canva design community canvassador ini menjelaskan kiat-kiat dalam mengelola media sosial.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/06/pk-imm-ft-umj-optimalkan-branding-melalui-pelatihan-manajemen-media-sosial/

Kategori
Berita Kampus

Mahasiswa Teknik Industri UMJ Selenggarakan Talkshow Inspiratif

Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (HMTI FT UMJ) menyelenggarakan talkshow inspiratif bersama alumni di Aula Djoeanda FT UMJ pada Sabtu. (22/06/ 2024).

Baca juga : Tuntaskan MSIB, 72 Mahasiswa FT UMJ Gelar Webinar dan Workshop

Talkshow ini diikuti oleh lebih dari 40 mahasiswa dengan menghadirkan dua narasumber, salah satunya alumni Teknik Industri FT UMJ yaitu Haris Nurdin S.T., Procurement Manager di perusahaan Schneider Electric.

Dalam pemaparannya, Haris membahas tantangan sebagai lulusan Teknik Industri. Selain itu ia juga menjelaskan pentingnya komunikasi yang efektif dan pelatihan yang berkelanjutan untuk membantu karyawan beradaptasi dengan perubahan.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/06/mahasiswa-teknik-industri-umj-selenggarakan-talkshow-inspiratif/

Kategori
Berita Kampus

Dosen MIPOL UMJ Himbau Jurnalis Terus Tingkatkan Kompetensi

Jurnalis atau wartawan di Indonesia yang telah menyelesaikan uji kompetensi akan menghadapi tantangan baru yang menyangkut tingkat kompetensi, tingkat profesional dan kemampuan memanfaatkan komunitas pers. Hal itu disampaikan oleh Dr. Asep Setiawan, Dosen Magister Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta yang juga anggota Dewan Pers, dalam penutupan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan pada Sabtu (22/6) di Bandung, Jawa Barat.

Baca juga : Dosen MIPOL UMJ: Pers Harus Mengawal Pilkada 2024

Kegiatan yang diselenggarakan lembaga UKW Universitas Muhammadiyah Jakarta ini diikuti lebih dari 60 peserta yang ingin mendapat kenaikan jenjang menjadi wartawan muda dan wartawan madya.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/06/dosen-mipol-umj-himbau-jurnalis-terus-tingkatkan-kompetensi/