Kategori
Berita Kampus

Di Indonesia dan Bangladesh Penanganan Radikalisme sama Pentingnya dengan Program Deradikalisasi

Sama Pentingnya Dengan Program Deradikalisasi

Penanganan radikalisme di Indonesia dan Bangladesh melalui tindakan tegas oleh badan anti teror sama pentingnya dengan program deradikalisasi. Oleh karena itu kedua negara menangani secara serius masalah radikalisme ini mulai dari perundangan, lembaga yang menanganinya sampai dengan integrasi bekas pelaku tindak terorisme kedalam masyarakat. Hal itu disebabkan, radikalisme dari bentuk yang sederhana sampai tingkat yang paling keras sama-sama memberikan ancaman bagi keberlangsungan bangsa baik di Indonesia maupun Bangladesh.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/seminar/2024/06/di-indonesia-dan-bangladesh-penanganan-radikalisme-sama-pentingnya-dengan-program-deradikalisasi/

Kategori
Berita Kampus

HIMANESIA FIP UMJ Pantik Kreativitas Mahasiswa Lewat Sastra

Himpunan Mahasiswa Himpunan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (HIMANESIA FIP UMJ) memantik kreativitas mahasiswa dalam memproduksi karya sastra melalui Seminar Pojok Sastra (Sejostra).

Baca juga : HIMANESIA Ingatkan Pentingnya Kasih Sayang Orang Tua Lewat Pentas Teater

Sejostra digelar di Auditorium FIP UMJ, Senin (03/06/2024), dengan menghadirkan narasumber berkompeten yaitu Iman Soleh, M.Sn., dosen Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Para mahasiswa menyimak dengan antusias pemaparan dari Iman Soleh yang menggugah semangat berkarya dan berkesenian.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/06/himanesia-fip-umj-pantik-kreativitas-mahasiswa-lewat-sastra/

Kategori
Berita Kampus

MRadio UMJ Gelar Kompetisi News Anchor 2024 Tingkat Nasional

 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) menggelar Kompetisi News Anchor 2024 di Aula Kasman Singodimedjo, Selasa (03/06/2024). Kegiatan ini diikuti oleh 28 peserta yang berasal dari umum dan mahasiswa berbagai universitas di Indonesia.

Baca juga : M-Radio UMJ Lakukan Kunjungan Ke Stasiun TV Nasional

Dalam sambutannya, Wakil Dekan III Dr. Fal. Harmonis, M.Si. menyampaikan kampus bukan hanya jadi tempat menimba ilmu yang teoritis saja, tetapi juga praktik. Oleh karena itu, kompetisi News Anchor MRadio pasti sangat bermanfaat.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/06/mradio-umj-gelar-kompetisi-news-anchor-2024-tingkat-nasional/

Kategori
Berita Kampus

SeaHIMATIKA FIP UMJ Selenggarakan Kompetisi Matematika Antar Pelajar JabodetabekrchSearch

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (HIMATIKA FIP UMJ), menyelenggarakan Kompetisi Matematika Antar Pelajar (KMAP) di Auditorium Fakultas Agama Islam (FAI) UMJ, Sabtu (01/06/2024).

Baca juga : Mahasiswa PPG UMJ Gelar Pameran Media Pembelajaran Inovatif

Perlombaan tersebut diikuti oleh 76 peserta dari 38 tim SMA/se-derajat se-Jabodetabek. Pada kesempatan ini, Tim D SMA Garuda Cendekia berhasil meraih juara satu. Di babak final, Tim D SMA Garuda Cendekia menghadapi tiga tim lainnya, yaitu SMAN Unggul MH Thamrin, SMAN 78 Jakarta, dan Tim A SMA Garuda Cendekia.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/06/himatika-fip-umj-selenggarakan-kompetisi-matematika-antar-pelajar-jabodetabek/

Kategori
Berita Kampus

Filantropi Camp Mazawa FAI UMJ beri Edukasi Zakat dan Wakaf Bagi Warga

Himpunan Mahasiswa Program Studi Zakat dan Wakaf (HMP MAZAWA) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ) mengadakan kegiatan Filantropi Camp di Kp. Cileuer, Gg. Kadir, Desa Sukaresmi, Kabupaten Bogor, Sabtu (1/6/2024).

Baca Juga : ICONZ ke-7 Jadi Angin Segar Pengembangan Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf FAI UMJ

Kegiatan bertajuk Bersama Menanam Kepedulian: Menanam Kebaikan, Menuai Kebahagiaan ini berisi edukasi zakat dan wakaf. Selain itu, Filantropi Camp juga melakukan kegiatan sosial seperti bazar pakaian, santunan anak yatim, kerja bakti, serta penanaman pohon.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/06/filantropi-camp-mazawa-fai-umj-beri-edukasi-zakat-dan-wakaf-bagi-warga/

Kategori
Berita Kampus

MERIDIEN FKK UMJ Selenggarakan Lomba Tim Bantuan Medis Tingkat Nasional

Tim Bantuan Medis (TBM) Medical Response Team in Disaster and Human Being (MERIDIEN) Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) menyelenggarakan lomba TBM tingkat nasional. Kegiatan ini dibuka dengan seminar dan workshop di Aula dr. Syafri Guricci, Jum’at (31/05/2024).

Baca juga : TBM Meridien FKK UMJ Adakan Sunat Massal Gratis

Dalam sambutannya, Wakil Dekan I FKK UMJ Dr. dr. Rahmini Shabariah, SpA. mengapresiasi TBM MERIDIEN yang menggunakan tema Together Archieve Fantastic and Fascinating Championship. Pasalnya, kegiatan ini bukan lomba saja, tetapi ada seminar dan workshop. Para peserta diharapkan dapat mengambil ilmu dengan baik dan pesan positif dari kompetisi.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/06/meridien-fkk-umj-selenggarakan-lomba-tim-bantuan-medis-tingkat-nasional/

Kategori
Berita Kampus

Rektor UMJ Memaknai Harlah Pancasila

Kelahiran Pancasila menjadi awal terbentuknya sebuah tatanan negara yang berdasar nilai-nilai luhur dari lima sila. Posisi Pancasila sebagai ideologi dan falsafah bernegara juga telah ditegaskan berkali-kali oleh organisasi-organisasi Islam besar seperti Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).

Baca juga : UMJ Jadi Fasilitator Pelatihan Standardisasi Kompetensi Dosen Pancasila Se-Indonesia

Penyebutan Pancasila juga sempat mengalami perdebatan. Sebagian menyebut atau menyetarakan Pancasila sebagai ideologi pada masa Orde Baru. Menurut Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., sebenarnya pada masa itu pun penyebutannya sebatas azaz.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/06/rektor-umj-memaknai-harlah-pancasila/

Kategori
Berita Kampus

Himpunan Mahasiswa Teknik Industri UMJ Gelar Seminar Kewirausahaan

Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) gelar seminar kewirausahaan bertajuk Pengenalan Business Plan dan Karakter Wirausahaan untuk Mahasiswa di Aula Djoenda, Rabu (29/5/2024).

Baca juga : Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika UMJ Kunjungi PT Telkom Indonesia

Ketua pelaksana M. Irfan Al-Fahri menjelaskan seminar kewirausahaan dipilih karena dapat menjadi alat untuk memberdayakan individu dan komunitas tertentu.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/05/himpunan-mahasiswa-teknik-industri-umj-gelar-seminar-kewirausahaan/

Kategori
Berita Kampus

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika UMJ Kunjungi PT Telkom Indonesia

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah (HMIF FT UMJ) mengunjungi PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom Indonesia), Rabu (29/05/2024).

Baca juga : IMM FT UMJ Gelar Kelas Menulis Opini

Kunjungan ini dilakukan untuk memberikan wawasan kepada anggota HMIF mengenai industri telekomunikasi dan teknologi informasi. Selain itu juga memperkuat hubungan dunia akademis dan industri.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/05/himpunan-mahasiswa-teknik-informatika-umj-kunjungi-pt-telkom-indonesia/

Kategori
Berita Kampus

Dua Dimensi Pengabdian Kepada Allah Dalam Ibadah Kurban

Ibadah kurban sejatinya memiliki dua dimensi pengabdian kepada Allah yaitu dimensi ilahiah (ketuhanan) dan insaniah (kemanusiaan). Hal ini disampaikan Ketua Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al-Islam dan Kemuhamamdiyahan Universitas Muhammadiyah Jakarta  (LPP AIK UMJ) Drs. Fakhrurazzi Reno Sutan, MA dalam Kajian Integrasi Ilmu di Masjid At-Taqwa UMJ, Jumat (31/5/2024).

Baca juga : Allah Melindungi Orang Beriman dari Permufakatan Jahat

“Ilahiah itu bentuk pengabdian manusia kepada Allah. Sedangkan insaniah adalah dimensi yang berdampak sosial karena semua orang mendapatkan manfaat dari berkurban,” tutur Fakhrurazzi.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/05/dua-dimensi-pengabdian-kepada-allah-dalam-ibadah-kurban/