Kategori
Berita Kampus

Menko PMK Resmikan Rusunawa UMJ

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI) Prof. Muhadjir Effendy, M.A.P., meresmikan Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), pada Jumat (30/8/2024).

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan batu prasasti oleh Muhadjir Effendy yang didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dr. Ir. H. Mochamad Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D serta Rektor UMJ Prof. Dr. Mamun Murod Al-Barbasy, M.Si,.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/menko-pmk-resmikan-rusunawa-umj/

Kategori
Berita Kampus

Din Syamsuddin Ungkap Alasan Bangsa Indonesia Perlu Dukung Kemerdekaan Palestina

Prof. Dr. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin, MA., Ph.D. atau yang kerap disapa Din Syamsuddin, mengungkapkan tiga alasan bangsa Indonesia perlu mendukung kemerdekaan Palestina.

Hal itu disampaikan dalam forum Safari Politik Pembebasan Al-Aqsa di Aula Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKM UMJ), Kamis (29/08/2024).

Baca Juga: Rektor UMJ: Muhammadiyah Punya Hubungan Erat Dengan Palestina

Pertama, bangsa Palestina mengalami kejahatan kemanusiaan sejak dulu hingga saat ini. Sejarah menunjukkan, Israel telah dibantu dan disambut dengan baik oleh Palestina ketika ditolak di berbagai negara.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/din-syamsuddin-ungkap-alasan-bangsa-indonesia-perlu-dukung-kemerdekaan-palestina/

Kategori
Berita Kampus

Dekan FT UMJ Kunjungi FTI ITB Jajaki Kerja Sama

Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) mengunjungi Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Bandung (FTI ITB), Rabu (28/08/2024). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka memperkuat jaringan akademik, meningkatkan kualitas pendidikan serta sebagai penjajakan kerja sama.

Wakil Dekan FTI ITB Prof. Dr. Yogi W. Budhi menyambut kedatangan Dekan FT UMJ Dr. Ir. Irfan Purnawan, ST., M.Chem.Eng. beserta rombongan FT UMJ di Ruang Rapat FTI ITB. Kunjungan ini menjadi momen penting dalam bertukar pengalaman dan memperdalam kolaborasi dalam bidang keteknikan.

Baca Juga: FT UMJ Terima Kunjungan Studi Banding Universitas Ahmad Dahlan

Kedua pihak berdiskusi tentang kondisi fakultas masing-masing dan berbagai aspek kerja sama yang bisa dikembangkan, khususnya dalam bidang riset, pengembangan kurikulum, dan program pertukaran mahasiswa serta dosen.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/dekan-ft-umj-kunjungi-fti-itb-jajaki-kerja-sama/

Kategori
Berita Kampus

Wakil Rektor I UMJ Terpilih Jadi Ketua FOKAL IMM DKI Jakarta Periode 2024-2029

Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Dr. Muhammad Hadi, S. KM., M. Kes., terpilih sebagai Ketua Umum Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (FOKAL IMM) DKI Jakarta periode 2024-2029.

Pemilihan dilakukan dalam Musyawarah Wilayah (Musywil) FOKAL IMM dan Reuni Akbar Alumni IMM Se-Jakarta di Auditorium Kasman Singodimedjo, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMJ, Rabu (28/08/2024).

Baca Juga : Musywil FOKAL IMM DKI Jakarta Digelar di UMJ

Pemilihan dilakukan dengan melibatkan Koordinator Daerah (Korda) Fokal IMM tingkat Kabupaten atau Kota yakni Cirendeu, Ciputat, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur sebagai peserta.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/wakil-rektor-i-umj-terpilih-jadi-ketua-fokal-imm-dki-jakarta-periode-2024-2029/

Kategori
Berita Kampus

Komunitas E-Sport UMJ Juara 1 Turnamen Mobile Legends

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) meraih Juara 1 Turnamen Mobile Legends dalam Milad Institut Kesehatan dan Teknologi (IkesT) Muhammadiyah Palembang, 19-21 Agustus 2024.

Tim yang beranggotakan lima mahasiswa ini berhasil menyisihkan 12 tim yang diikuti siswa maupun mahasiswa berasal dari Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Pangkal Pinang, Bangka Belitung, dan Jakarta.

Baca juga : Ciptakan Alat Uji Puntir, Mahasiswa Teknik Mesin UMJ Raih Juara 3 Ajang Internasional

Lima mahasiswa tersebut adalah Yazid Achmad Dzulham (FIP), Zidni Al Rozan (FIP), Ramadhan Novrizky (FH), Muhammad Fathur Rachman (FT), Bayu Putra Juniarto (FISIP), Taufik Hidayat (FIP), dan Ardandi Assyura Shidiq (FT). Tim ini tergabung dalam komunitas UMJ E-Sport.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/komunitas-e-sport-umj-juara-1-turnamen-mobile-legends/

Kategori
Berita Kampus

FKK UMJ Gelar Yudisium Sarjana Gizi

Sebanyak 35 Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) dinyatakan lulus saat Yudisium Program Studi Sarjana Gizi Periode Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024. Yudisium digelar di ruang Al Fatehah FKK UMJ, Kamis (29/08/2024).

Baca juga : Prodi Gizi FKK UMJ Angkat Isu Peningkatan Gizi Anak

Dekan FKK UMJ, Dr. dr. Tri Ariguntar Wikaning Tyas, Sp.PK. mengatakan, “Tahun ini menjadi yang tersibuk untuk FKK UMJ karena semua program studi sedang mengejar dan mempersiapkan akreditasi. Semoga semua prodi bisa mendapatkan akreditasi Unggul,” ujarnya.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/fkk-umj-gelar-yudisium-sarjana-gizi/

Kategori
Berita Kampus

UMJ Bersama Inha University Rencanakan Pengembangan Smart City di Jakarta Selatan

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) dan delegasi Inha University Korea Selatan mengunjungi Pemerintah Kota Jakarta Selatan, Selasa (27/08/2024). Kunjungan itu dilakukan dalam rangka penjajakan kerja sama untuk program smart city.

Director of Smart Governance and Policy at Inha University Prof. Seung Hwan Myeong, MA., M.P.A., Ph.D. memperkenalkan dua lokasi percontohan smart city di Korea Selatan yaitu Gimpo dan Dasan. Inovasi dalam penataan wilayah, penggunaan teknologi dan integrasi data mendukung aktivitas dan mobilitas penduduk perkotaan.

Baca Juga: UMJ Jalin Kerja Sama dengan Inha University Korea Selatan

Maka dari itu, Myeong merekomendasikan pada Pemkot Jaksel agar turut melibatkan generasi muda dalam mengembangkan dan menerapkan smart city.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/umj-bersama-inha-university-rencanakan-pengembangan-smart-city-di-jaksel/

Kategori
Berita Kampus

PRM Cireundeu Laksanakan Musyran Ke-3

Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Cireundeu melaksanakan Musyawarah Ranting Ke-3 di Ruang Rapat Gedung Cendekia Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Jumat (23/08/2024).

Baca juga : Tingkatkan Kualitas SDM, UMJ dan PDM Kota Serang Jalin Kerja Sama

Musyawarah Ranting Muhammadiyah (Musyran) menjadi salah satu agenda penting dalam rangka pergantian pengurus. Musyran juga menjadi ajang evaluasi dan kaderiasi generasi mendatang dalam persyarikatan.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/prm-cireundeu-laksanakan-musyran-ke-3/

Kategori
Berita Kampus

Musywil FOKAL IMM DKI Jakarta Digelar di UMJ

Forum Komunikasi Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (FOKAL IMM) DKI Jakarta menggelar Musyawarah Wilayah dan Reuni Akbar Alumni IMM se-DKI Jakarta, Rabu (28/08/2024). Kegiatan ini digelar di Aula Kasman Singodimedjo Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ).

Baca juga : Rektor UMJ Hadiri Pembukaan Musyda IMM DKI Jakarta

Ketua FOKAL IMM DKI Jakarta Dr. Desvian Bandarsyah, M.Pd., saat sambutan menerangkan pentingnya peran alumni IMM dalam melakukan proses alih generasi di berbagai tingkatan mulai dari amal usaha hingga persyarikatan tingkat wilayah.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/musywil-fokal-imm-dki-jakarta-digelar-di-umj/

Kategori
Berita Kampus

BEM FEB UMJ Jadi Tuan Rumah Kongres Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (BEM FEB UMJ) menjadi tuan rumah Kongres Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia (ISMEI) Ke- XVI. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula FEB UMJ pada 28 hingga 31 Agustus 2024.

Baca juga : Dosen dan Mahasiswa FEB UMJ Ikuti AGBA 20th Conference di Thailand

BEM FEB UMJ berkesempatan menjadi tuan rumah Kongres Ke-XVI setelah terpilih dalam Forum Ilmiah dan Pleno ISMEI Ke XV yang berlangsung di Universitas Pattimura, Ambon, Maluku.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/bem-feb-umj-jadi-tuan-rumah-kongres-ikatan-senat-mahasiswa-ekonomi-indonesia/