Kategori
Berita Kampus

Rektor UMJ Jajaki Pembukaan PSDKU di Wilayah Banten

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod mengunjungi dua lokasi mitra UMJ di Provinsi Banten, yaitu Pondok Pesantren (Ponpes) Global Al-Jabbar dan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) ‘Aisyiyah Banten untuk menjajaki rencana pembukaan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU).

Baca juga : Tim Persatuan Sepakbola UMJ Ikuti Piala Rektor UNIDA Gontor

Penjajakan ini bertujuan untuk memperluas wilayah UMJ dalam bermitra untuk bidang pendidikan. PSDKU hadir untuk mempermudah anak bangsa melanjutkan pendidikan di bangku kuliah tanpa harus merantau. Bahkan Rektor UMJ berkomitmen untuk menyesuaikan biaya perkuliahan dengan kondisi perekonomian warga setempat.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/rektor-umj-jajaki-pembukaan-psdku-di-wilayah-banten/

Kategori
Berita Kampus

Fahruddin Faiz Sampaikan Tantangan Gen Z di Era Digital

Penulis dan Pengasuh Ngaji Filsafat Dr. Fahruddin Faiz, M.Ag., menyampaikan tantangan yang dihadapi generasi Z di era digital dalam Kuliah Umum yang digelar Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (PK IMM FIP UMJ) di Auditorium FIP, Sabtu (03/08/2024).

Baca juga: IMM FIP Berqurban Bersama Masyarakat Sekitar Kampus UMJ

Saat menjadi pemateri, Faiz mengatakan bahwa generasi (Gen) Z merupakan generasi yang sejak lahir merasakan fasilitas serba ada. Namun, karena hadirnya fasilitas tersebut berdampak pada watak yang terlihat kuat di luar, tetapi rapuh di dalam atau dikenal dengan Gen Stroberi.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/fahruddin-faiz-sampaikan-tantangan-gen-z-di-era-digital/

Kategori
Berita Kampus

Mahasiswa FISIP UMJ Raih Juara Fotografi dan Poster Tingkat Internasional di UAD

Tiga Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) berhasil meraih juara dalam kompetisi bertajuk Literature Culture and Communication Competition (LICCOM). Kabar prestasi ini diketahui melalui kanal instagram @Licccom_fsbk pada Selasa (30/7/2024).

Baca juga : Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ Jadi Juara di Ajang Nasional APIK PTMA

Prestasi tersebut diraih dalam dua kategori yaitu Foto Jurnalistik dan Desain Poster. Ketiga mahasiswa tersebut yaitu Haikal Tahir Wagola meraih juara satu dalam kategori Foto Jurnalistik. Kemudian, Rizky Kurniawan meraih juara dua dan Sheren Regita juara tiga dalam kategori desain poster.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/mahasiswa-fisip-umj-raih-juara-fotografi-dan-poster-tingkat-internasional-di-uad/

Kategori
Berita Kampus

Prodi Kebidanan UMJ Laksanakan Penyuluhan kepada Ibu Menyusui di Cilincing

Mahasiswa Sarjana Program Studi (Prodi) Kebidanan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ), melaksanakan penyuluhan ASI Eksklusif kepada ibu menyusui di Puskesmas Kelurahan Semper Barat 1, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (02/08/2024).

Baca juga : Interprofesional Kolaborasi Dalam Pelayanan Kebidananan

Penyuluhan tersebut digelar dalam rangka memperingati Pekan ASI Sedunia pada 1-7 Agustus dan pembelajaran klinik mahasiswa Kebidanan semester empat Kebidanan FKK UMJ selama 18 hari. Mahasiswa yang terlibat di antaranya Zahwa Chairunnisah, Hanjien Laora Inka Putri Lia Nanda, Nur Tsalatsah Nafiadini, Syifa Amalia Putri Tunggal Dewi Hasibuan, dan Ira Pratiwi.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/kebidanan-umj-laksanakan-penyuluhan-kepada-ibu-menyusui-di-cilincing/

Kategori
Berita Kampus

PWA DKI Jakarta Gelar Baitul Arqam di UMJ

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) memfasilitasi Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Baitul Arqam. Agenda ini diselenggarakan selama dua hari di Training Center UMJ pada Sabtu hingga Minggu (3-4/8/2024).

Baca juga : Tingkatkan Partisipasi Perempuan, LPPA PWA DKI Lakukan Sosialisasi Pemilu

Dalam laporannya, Ketua Majelis Pembinaan Kader (MPK) PWA Aisyiyah DKI Jakarta Ir. Nurhayati Payapo menyampaikan kegiatan ini diikuti 52 peserta dari seluruh Pimpinan Daerah, Cabang, hingga Majelis se-DKI Jakarta.  Para peserta akan diberikan 11 materi pembelajaran, secara garis besar di antaranya anggaran dasar, khitah perjuangan muhammadiyah, risalah perempuan berkemajuan, kepemimpinan Aisyiyah hingga manhaj tarjih dan ibadah praktis.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/pwa-dki-jakarta-gelar-baitul-arqam-di-umj/

Kategori
Berita Kampus

LPP-AIK UMJ Sampaikan Makna Jihad dalam Berdagang melalui Surah As-Saff

menggelar Kajian Rutin untuk civitas academica Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Agenda kali ini membahas isi kandungan surah As-Saff ayat 10-14 di Masjid At-Taqwa, Jum’at (02/08/2024).

Baca juga : Kajian Integrasi Ilmu LPP AIK UMJ : Taa’ruf Bumi Untuk Memuliakan Bumi

Sebagai pemateri dalam kajian tersebut, Kepala Bidang Penerapan Kampus Islam LPP-AIK UMJ Dr. Adi Mansah, M.Ag. mengatakan bahwa Allah Swt telah menegaskan terkait perdagangan yang menguntungkan, yaitu perdagangan yang dilaksanakan untuk berjihad di jalan Allah.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/lpp-aik-umj-sampaikan-makna-jihad-dalam-berdagang-melalui-surah-as-saff/

Kategori
Berita Kampus

IMM FT UMJ Beri Pembekalan Politik untuk Mahasiswa Melalui Birokrasi Merah

Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (PK IMM FT UMJ), menggelar Bimbingan Roda Aksi dan Literasi (Birokrasi Merah) dalam rangka memberikan pembekalan kepada mahasiswa di bidang politik. Kegiatan yang bertajuk “Reaktualisasi Paradigma Politik Berkemajuan IMM” ini, dilaksanakan di Aula Djoeanda, Kamis (01/08/2024).

\Baca juga : PK IMM FT UMJ Optimalkan Branding Melalui Pelatihan Manajemen Media Sosial

Birokrasi Merah merupakan wadah bagi kader IMM untuk berproses menjadi kader yang kritis, tangguh, pemberani, dan berjiwa pemimpin. Agenda dikemas dengan Kuliah Umum dan forum ini juga menjadi wadah belajar para kader melalui diskusi.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/imm-ft-umj-beri-pembekalan-politik-untuk-mahasiswa-melalui-birokrasi-merah/

Kategori
Berita Kampus

Tim Persatuan Sepakbola UMJ Ikuti Piala Rektor UNIDA Gontor

Tim Persatuan Sepakbola Universitas Muhammadiyah Jakarta (PS UMJ) berpartisipasi dalam turnamen Piala Rektor Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. Kegiatan ini akan diselenggarakan selama satu minggu di Lapangan Sepak Bola UNIDA, Ponorogo, (29-7/8/2024).

Baca juga : PS UMJ Juara Satu CPSM Championship 2024

Kejuaraan Piala Rektor ini diikuti 9 tim dengan sistem pembagian grup. UMJ berada di grup C bersama Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, dan Al-Amien Prenduan.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/tim-persatuan-sepakbola-umj-ikuti-piala-rektor-unida-gontor/

Kategori
Berita Kampus

Mahasiswa UMJ Raih Dua Juara Dalam Kompetisi Inkubasi Bisnis Tingkat Nasional

Dua tim usaha mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) meraih juara dalam kegiatan Inkubasi Bisnis berbasis kompetisi bagi pelaku ekonomi kreatif. Rangkaian kegiatan dilakukan di kawasan Obyek Wisata Goa Kreo, Desa Kandri, Kota Semarang, Jawa Tengah selama tiga hari pada Jumat hingga Minggu (26-28/7/2024).

Baca juga : MCEBI Fokus Pada Pengembangan Softskill Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan Kampus

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Muhammadiyah Center for Entrepreneurship and Business Incubator Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (MCEBI PTMA) berkolaborasi dengan Badan Otorita Borobudur (BOB) Kemenparekraf. Inkubasi bisnis ini diikuti 97 peserta dari 33 PTMA dan delapan UKM dari 17 desa wisata di Kawasan Pariwisata Borobudur Destinasi Pariwisata Nasional Semarang – Karimunjawa dan sekitarnya.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/mahasiswa-umj-raih-dua-juara-dalam-kompetisi-inkubasi-bisnis-tingkat-nasional/

Kategori
Berita Kampus

Mahasiswa UMJ Sabet Belasan Medali Dalam Kejuaraan Pencak Silat Nasional

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta berhasil menyabet 15 medali meliputi 7 emas, 4 perak, dan 4 perunggu dalam kejuaraan nasional pencak silat. Kejuaraan ini diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) di gelanggang olahraga, Ciracas, Minggu (28/7/2024).

Baca juga : Mahasiswa POR UMJ Raih Juara 2 Kejuaraan Nasional Tapak Suci

Prestasi tersebut diraih dalam berbagai kategori tanding baik tunggal maupun beregu. Medali emas diraih oleh Mutia Alifia (Prodi Politik), Muhammad Dhiya Ulhaq (Prodi Politik), Faruzan Kurniansyah (Prodi POR), Restu Adi Gunawan (Prodi POR), Muhammad Fawaz (Prodi POR), Intan Fitria Ningsih (Prodi Teknik Kimia), dan Dwi Tantri Perwata (Prodi Keperawatan).

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/07/mahasiswa-umj-sabet-belasan-medali-dalam-kejuaraan-pencak-silat-nasional/