Kategori
Berita Kampus

UMJ Resmi Terima Pengelolaan Rusunawa dari Kementerian PUPR

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) resmi menerima pengelolaan penggunaan Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Minggu (18/08/2024).

Baca juga : UMJ Terima Hibah Rusunawa dari Kementerian PUPR

Penyerahan secara simbolis ditandai dengan penyerahan Berita Acara Serah Terima Pengelolaan Rumah Susun dan Surat Izin Penggunaan Bangunan Rumah Susun Penyerahan dari Kementerian PUPR kepada UMJ di Ruang Serba Guna Rusunawa UMJ.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/umj-resmi-terima-pengelolaan-rusunawa-dari-kementerian-pupr/

Kategori
Berita Kampus

31 Siswa Jadi Paskibra Upacara Peringatan HUT ke-79 RI di UMJ

31 siswa yang berasal dari 15 sekolah di Jakarta, Bogor, Depok dan Tangerang Selatan, menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di Plaza Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) pada Sabtu (17/08/2024).

Baca juga : Peringatan HUT RI di UMJ Meriah

15 sekolah tersebut adalah SMA Muhammadiyah 25 Pamulang, SMK Muhammadiyah 1 Ciputat, SMA Muhammadiyah 8 Ciputat, SMAN 10 Tangerang Selatan, SMAN 8 Tangerang Selatan, SMAN 4 Tangerang Selatan, SMAN 87 Jakarta, SMKN 20 Jakarta, SMKN 41 Jakarta, SMKN 63 Jakarta, MA Pembangunan UIN Jakarta, SMAN 1 Parung, SMAN 6 Depok, MAN 11 Jakarta, dan SMK Letris

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/31-siswa-jadi-paskibra-upacara-peringatan-hut-ke-79-ri-di-umj/

Kategori
Berita Kampus

Peringatan HUT RI di UMJ Meriah

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) jadi momen bagi masyarakat Indonesia mengingat jasa para pahlawan. Selain itu, HUT Kemerdekaan RI yang biasa diperingati dengan berbagai perlombaan menarik juga menjadi momen bagi warga Indonesia mempererat tali silaturahmi.

Baca juga : HUT ke-79 RI, Rektor UMJ Ingatkan Pentingnya Spirit Kemerdekaan Indonesia

Hal itu juga dilakukan oleh civitas academica Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Civitas academica UMJ mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka HUT ke-79 Kemerdekaan RI dengan khidmat dipimpin oleh Inspektur Upacara yaiu Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasy, M.Si.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/peringatan-hut-ri-di-umj-meriah/

Kategori
Berita Kampus

HUT ke-79 RI, Rektor UMJ Ingatkan Pentingnya Spirit Kemerdekaan Indonesia

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasy, M.Si., mengingatkan pentingnya menghadirkan spirit kemerdekaan Indonesia kepada civitas academica UMJ dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di Plaza Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik, Sabtu (17/08/2024).

Baca juga : Pimpin Upacara Peringatan HUT RI, Rektor UMJ Ungkap Jasa Pahlawan Kader Muhamadiyah

Saat menjadi inspektur upacara, Ma’mun menyampaikan, saat ini rasa cinta tanah air, nasionalisme, dan patriotisme di Indonesia semakin menurun. Kondisi ini menjadi problem Indonesia pasca merdeka, katanya.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/hut-ke-79-ri-rektor-umj-ingatkan-pentingnya-spirit-kemerdekaan-indonesia/

Kategori
Berita Kampus

Muhammad dan Al-Qur’an Rahmat Bagi Seluruh Alam

Diutusnya Nabi Muhammad Saw. oleh Allah Swt. untuk menyebarkan agama Islam dan kitab suci Al-Qur’an melalui skenario yang sempurna. Al-Qur’an rahmat bagi seluruh alam dan menjadi karunia Allah paling besar bagi semesta.

Baca juga : Dosen dan Tendik UMJ Ikuti Tes Kompetensi AIK

Drs. Tajudin, M.Ag., dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ) saat Kajian Rutin Jumat di Masjid At-Taqwa UMJ (16/08/2024) menjelaskan Al-Qur’an menjadi kitab suci terakhir dan sebagai rahmat bagi seluruh alam.

Baca selengkapnya di https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/muhammad-dan-al-quran-rahmat-bagi-seluruh-alam/

Kategori
Berita Kampus

UMJ Terima Wakaf Tanah

Dukungan pengembangan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menuju kampus yang terkemuka, modern, dan islami di 2025 terus mengalir dari sejumlah pihak. Bahkan untuk pengembangan infrastruktur, UMJ baru saja menerima wakaf berupa tanah seluas 1.704 m² dari Drs. Ali Basir.

Baca juga : Tim Peneliti UMJ Raih Dana Hibah Padanan Kedaireka 2024

Penyerahan tanah wakaf yang terletak di Parung, Kabupaten Bogor tersebut, dilakukan secara simbolis oleh Ali yang didampingi keluarga kepada Wakil Rektor I UMJ Dr. Muhammad Hadi, M.Kep. di Ruang Rektor Gedung Muhammadiyah Civilization Center, Jumat (16/08/2024).

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/umj-terima-wakaf-tanah/

Kategori
Berita Kampus

KKN Internasional UMJ bersama UM Cirebon di Kamboja

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) berkolaborasi dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional di Kamboja.

Wakil Rektor I UMJ Dr. Muhammad Hadi, S.KM., M.Kep., menyerahkan secara resmi 6 mahasiswa dari UMJ dan UM Cirebon kepada pihak An-Nikmah Al Islamiah Institute Phnom Penh Cambodia, Senin  (12/08/2024).

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/kkn-internasional-umj-bersama-um-cirebon-di-kamboja/

Kategori
Berita Kampus

BEM UMJ Gelar Diskusi Publik Bahas Masa Depan Gerakan Mahasiswa dan Demokrasi Indonesia

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (BEM UMJ), menggelar Diskusi Publik membahas masa depan gerakan mahasiswa dan demokrasi Indonesia di Aula Fakultas Agama Islam, Kamis (15/08/2024).

Baca juga : Rektor Resmi Lantik Ketua BEM dan DPM UMJ Periode 2024-2025

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun, Jurnalis dan Aktivis Perempuan Salsabila Syaira, serta Pengamat Politik dan Aktivis Syahganda Nainggolan.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/bem-umj-gelar-diskusi-publik-bahas-masa-depan-gerakan-mahasiswa-dan-demokrasi-indonesia/

Kategori
Berita Kampus

Rektor UMJ: Politik Adalah Akar Masalah Pendidikan

Pendidikan di Indonesia mengalamai permasalahan yang serius. Bahkan Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasy, M.Si., menyebut masalah pendidikan di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa hal yang mengakar ke politik.

Baca juga : Rektor UMJ Kunjungi Unissula Bahas Sinergi Perguruan Tinggi Swasta

Menurut Ma’mun, terdapat tiga hal yang jadi masalah pendidikan di Indonesia yaitu politik, feodalisme, serta bias pendidikan antara swasta dan negeri. “Kalau kita ambil secara garis besar problem hulunya ada di politik kita akhirnya membuat pendidikan carut-marut,” ungkap Ma’mun

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/rektor-umj-politik-adalah-hulu-masalah-pendidikan/

Kategori
Berita Kampus

UMJ Dampingi 3 PTMA Jalin Kerja Sama Internasional di Thailand

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mendampingi tiga PTMA (Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah) dalam menjalin kerja sama internasional dengan sekolah-sekolah di Thailand. Seperti diketahui, UMJ telah menjalin kerja sama dengan sekolah-sekolah di Thailand.

Baca juga : UMJ Buka Program KKN Internasional 2024 di Wilayah Asia Tenggara

Ketiga PTMA tersebut adalah UM ButonUM Bandung, dan Umsida yang resmi menyepakati kerja sama internasional dengan sekolah yang tergabung dalam Integrated Islamic School Network, di Aula Sekolah Sangkhom Wittaya School, Songkhla, Thailand, Rabu (07/08/2024).

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/umj-dampingi-3-ptma-jalin-kerja-sama-internasional-di-thailand/