Kategori
Berita Kampus

Rektor UMJ Hadiri Pengukuhan DPD IMM DKI Jakarta 2024-2026

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasy, M.Si., menghadiri Pengukuhan Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) DKI Jakarta periode 2024-2026.

Baca juga : Wakil Rektor I UMJ Terpilih Jadi Ketua FOKAL IMM DKI Jakarta Periode 2024-2029

Pengukuhan tersebut digelar di Gedung Dakwah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta, Jum’at (06/09/2024). Saat memberi sambutan, Ma’mun menyampaikan bahwa pengurus IMM yang baru harus tetap menghidupkan napas semangat mahasiswa.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/rektor-umj-hadiri-pengukuhan-dpd-imm-dki-jakarta-2024-2026/

Kategori
Berita Kampus

Mahasiswa KKN UMJ Lakukan Penyuluhan Screentime di Bojongsari Baru Pamulang

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kelompok 43 Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melakukan penyuluhan Screentime pada anak. Penyuluhan berlangsung di Masjid Al Ikhsan Bojongsari Baru, Pamulang, Rabu (14/08/2024).

Baca juga: Mahasiswa KKN UMJ Sosialisasi Bisnis Pada Anak Panti Asuhan

Kegiatan yang menargetkan orang tua ini mengangkat tema “Penyuluhan Screentime dan Batasan Penggunaan Handphone Berlebih Bagi Anak”.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/mahasiswa-kkn-umj-lakukan-penyuluhan-screentime-di-bojongsari-baru-pamulang/

Kategori
Berita Kampus

PS UMJ Jadi Kampiun Campus Soccer League 2024

Persatuan Sepak Bola Universitas Muhammadiyah Jakarta (PS UMJ) menjadi kampiun Divisi Utama Campus Soccer League (CSL) 2024. Ajang itu berlangsung selama 8 Juni hingga 8 Agustus 2024 di Stadion Soemantri Brodjonegoro Kuningan, Jakarta Selatan.

CSL merupakan program rutin Aliansi Sepak Bola Mahasiswa Daerah Khusus Jakarta (ASMAJA) yang mempertemukan tim sepak bola mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

Baca juga : PS UMJ Juara Satu CPSM Championship 2024

Terdapat delapan perguruan tinggi yang mengikuti kompetisi tersebut. Mereka adalah UMJ, Universitas Budi Luhur, UNJ, UI, Perbanas Institute, Politeknik APP, Universitas Trisakti, dan Universitas BSI.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/ps-umj-jadi-kampiun-campus-soccer-league-2024/

Kategori
Berita Kampus

Tendik FT dan FISIP Ikuti Baitul Arqam

Tenaga kependidikan (tendik) Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) adakan Baitul Arqam selama dua hari, Jum’at dan Sabtu. (6-7/09/2024).

Baca juga: Baitul Arqam Bangun Semangat Kebersamaan Tendik UMJ

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (LPP-AIK) ini, diikuti oleh total 46 peserta.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/tendik-ft-dan-fisip-ikuti-baitul-arqam/

Kategori
Berita Kampus

Mahasiswa KKN UMJ Sosialisasi Bisnis Pada Anak Panti Asuhan

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kelompok 44 Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), melakukan sosialisasi kepada anak asuh di Panti Asuhan Muhammadiyah Tanah Abang Sawangan, Jumat (23/08/2024).

Baca juga : Mahasiswa KKN UMJ Inisiasi Program Pendidikan Non Formal Bagi Anak di Kedoya

Sosialisasi kepada anak asuh panti asuhan membahas seputar ilmu bisnis mulai dari dasar hingga berbisnis dalam hukum Islam dan negara. Sosialisasi bertujuan memperluas wawasan anak asuh tentang cara-cara berbisnis yang baik dan benar.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/mahasiswa-kkn-umj-sosialisasi-bisnis-pada-anak-panti-asuhan/

Kategori
Berita Kampus

UPT PIBK UMJ Ikuti Kurasi Pemeringkatan Lembaga Inkubator 2024

Unit Pelayanan Teknis Pusat Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UPT PIBK UMJ), berpartisipasi dalam Kurasi Pemeringkatan Lembaga Inkubator 2024 di Quest San Hotel, Denpasar, Bali pada 29-31 Agustus 2024.

Baca juga : Mahasiswa UMJ Raih Dua Juara Dalam Kompetisi Inkubasi Bisnis Tingkat Nasional

Sebanyak 35 lembaga inkubator dari berbagai wilayah mengikuti kegiatan yang merupakan program Asisten Deputi Bidang Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (KEMENKOPUKM RI).

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/upt-pibk-umj-ikuti-kurasi-pemeringkatan-lembaga-inkubator-2024/

Kategori
Berita Kampus

Kaprodi MPI SPs UMJ Hadiri Muktamar Hidayatul Qur’an di Makkah

Ketua Program Studi Doktor Manajemen Pendidikan Islam (Kaprodi MPI) Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta (SPs UMJ) Dr. Saiful Bahri, Lc., MA. menghadiri Muktamar Hidayatul Qur’an di Hotel Four Points Sheraton, Distrik an-Nasim, Makkah pada 3-4 September 2024.

Baca juga : Dosen Sekolah Pascasarjana UMJ Hadiri Muktamar IUMS ke-6 di Qatar

Anggota Majelis Tabligh PP Muhammadiyah serta Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PWM DK Jakarta itu hadir bersama Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sekaligus Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah Fathurrahman Kamal, Lc., M.S.I. memenuhi undangan dari panitia muktamar.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/kaprodi-mpi-sps-umj-hadiri-muktamar-hidayatul-quran-di-makkah/

Kategori
Berita Kampus

UAH: Moderasi Beragama Dipraktikan Nabi Muhammad Sejak di Makkah

Moderasi beragama menjadi kajian penting di tengah keberagaman, termasuk bagi masyarakat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kajian ini pula yang diangkat oleh Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Jakarta (LPP AIK UMJ).

Baca juga : Ustaz Adi Hidayat: Islam Tidak Anti dengan Seni

Pada Kamis (05/09/2024), LPP AIK UMJ menghadirkan Syaikh Al-Azhar Mesir Dr. Muhammad Hussaini Al-Azhari dan Ulama Dr. Adi Hidayat, Lc., MA., dalam Kuliah Umum di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMJ. Kuliah umum mengusung tema “Moderasi Beragama dalam Tuntunan Syari’at Islam di Era Post Modern”.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/uah-moderasi-beragama-dipraktikan-nabi-muhammad-sejak-di-makkah/

Kategori
Berita Kampus

Dosen UMJ Dampingi UMKM Kelola Produk Berbasis Green Economy

Dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mendampingi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mengelola produk berbasis Green Economy di Gedung Muhammadiyah Civilization Center pada 4-5 September 2024.

Baca juga : UMJ Dukung Inkubasi Bisnis Berbasis Kompetisi bagi Pelaku Ekraf di Kawasan Pariwisata Borobudur

Pendampingan dilakukan oleh Dosen yang tergabung dalam Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) UMJ yaitu Dr. Endang Rudiatin, M.Si., Dessy Iriani, SP., M.Si., dan Irhamni Rahman, S.Hum., M.Kesos. yang bekerja sama dengan Indonesia Small Medium Enterprises Association (ISMEA) serta Skyeats Smesco.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/dosen-umj-dampingi-umkm-kelola-produk-berbasis-green-economy/

Kategori
Berita Kampus

Dosen dan Tendik FIK UMJ Ikuti Workshop OSCE

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIK UMJ) menyelenggarakan pelatihan dan workshop Objective Structured Clinical Examination (OSCE) di Aula Rufaidah Lantai 5 FIK UMJ. Pelatihan yang diikuti oleh dosen dan tenaga kependidikan FIK UMJ ini diselenggarakan selama tiga hari sejak Rabu hingga Jumat (28-30/08/2024).

Baca juga: Dosen dan Mahasiswa FIK UMJ Ikuti Konferensi Internasional 8th WANS

Dekan FIK UMJ Dr. Miciko Umeda, M. Biomed. menyampaikan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi dosen dalam melakukan evaluasi dengan metode OSCE yang terstandar nasional.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/dosen-dan-tendik-fik-umj-ikuti-workshop-osce/