Kategori
Berita Kampus

Lazismu UMJ Galang Donasi untuk Korban Gempa Bandung dan Garut

Kantor Layanan (KL) Lazismu Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggalang donasi untuk korban Gempa Kabupaten Bandung dan Garut. Gempa bumi berkekuatan 5,0 Magnitudo yang terjadi di Kabupaten Bandung dan Garut, Jawa Barat Rabu (18/09/2024), pukul 09.41 WIB meninggalkan duka bagi korban dan penyintas.

Baca juga : UMJ Salurkan Santunan Pada 581 Yatim dan Duafa

BMKG mencatat episentrum gempa itu berada sekitar 24 Kilometer tenggara Kabupaten Bandung dan 21 Kilometer Barat Daya Kabupaten Garut. Mengutip dari BPBD Jawa Barat, gempa bumi yang berpusat di daratan ini geteranya sangat kuat dirasakan oleh masyarakat Garut dan sejumlah kabupaten yang terdekat yang berada di Jawa Barat.

Baca Selengkapnya : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/lazismu-umj-galang-donasi-untuk-korban-gempa-bandung-dan-garut/

Kategori
Berita Kampus

Mal Jupri Turut Meriahkan Masta IMM FT UMJ

Mal Jupri salah satu komika Indonesia ikut meriahkan acara Masa Taaruf Mahasiswa (Masta) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ).

Dalam rangka menyambut tahun akademik baru, IMM Fakultas Teknik UMJ mengadakan acara Masta yang berlangsung di Auditorium Ir. Djoeanda Fakultas Teknik, Jumat (27/09/2024).

Baca Juga : IMM FT UMJ Beri Pembekalan Politik untuk Mahasiswa Melalui Birokrasi Merah

Masta IMM FT UMJ bertajuk “Begini MASTA IMM 2024” dengan tema “Sinergi Moralitas dan Kemajuan Wujudkan Mahasiswa Berkemajuan” menarik perhatian ratusan mahasiswa baru.

Baca Selengkapnya : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/mal-jupri-turut-meriahkan-masta-imm-ft-umj/

Kategori
Berita Kampus

Pentingnya Fungsikan Putusan Tarjih Muhammadiyah di Kampus

Civitas academica Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mengikuti Halaqah Tarjih di Masjid At-Taqwa UMJ, Jumat (27/09/2024). Pengkajian yang berlangsung rutin ini memberikan pemahaman bagi civitas academica tentang pentingnya putusan tarjih Muhammadiyah di lingkungan kampus.

Ketua Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPP AIK) UMJ Drs. Fakhrurazi, MA., menjelaskan bahwa civitas academica UMJ khususnya dosen perlu memfungsikan putusan tarjih.

Baca juga: Kajian Integrasi Ilmu LPP AIK UMJ, Taa’ruf Bumi Untuk Memuliakan Bumi

Menurutnya, sebagai kader persyarikatan, civitas academica UMJ dapat menggunakan putusan tarjih yang telah terhimpun dalam sebuah buku Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah (HPTM) untuk kehidupan sehari-hari. “Semoga ini bermanfaat dan meningkatkan peran kita sebagai kader persyarikatan,” ungkapnya.

Baca Selengkapnya : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/pentingnya-fungsikan-putusan-tarjih-muhammadiyah-di-kampus/

Kategori
Berita Kampus

Pemenang Dana Hibah LPPM UMJ Gelar Kajian Parenting di Bogor

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas) Universitas Muhammadiyah Jakarta menggelar kajian parenting, Rabu (25/09/2024). Mereka terdiri dari Dr. Hj. Zulfitria Zaidir, M.Pd., Dr. Suharsiwi, M.Pd., Dr. Dr. H. Zainal Arif, M.A., dan Dr. Ahmad Suryadi, M.Pd.

Program tersebut terlaksana atas dukungan dari dana hibah program Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas) dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (LPPM UMJ).

Baca juga: LPPM UMJ Gelar Pelatihan dan Pendampingan Kader Posyandu

Kegiatan ini mengangkat tema “Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus dengan Cinta dan Menjaga Lingkungan Sekitar dalam Mencegah Agresivitas Anak Dampak Game Online (Gadget).”

Baca Selengkapnya : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/pemenang-dana-hibah-lppm-umj-gelar-kajian-parenting-di-bogor/

Kategori
Berita Kampus

Masa Ta’aruf IMM FISIP UMJ Hadirkan Komika Dzawin Nur Ikram

Masa Ta’aruf Mahasiswa Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ), menghadirkan Komika Dzawin Nur Ikram di Auditorium K. H. Ahmad Azhar Basyir, Gedung Cendekia, Jum’at (23/09/2024).

Baca juga : Mahasiswa Baru Ikuti Masa Ta’aruf Ortom UMJ 2024

Pada kesempatan ini, Dzawin membagikan pengalaman sebagai kader IMM dan memotivasi para mahasiswa baru FISIP UMJ. Menurutnya, semua organisasi mahasiswa bagus apabila dapat menentukan tujuan ketika mulai berorganisasi termasuk di IMM.

Baca Selengkapnya : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/masa-taaruf-imm-fisip-umj-hadirkan-komika-dzawin-nur-ikram/

Kategori
Berita Kampus

UMJ Resmi Bergabung UI GreenMetric, Wujudkan Kampus Hijau Berkelanjutan

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) resmi menjadi bagian dari UI GreenMetric untuk mewujudkan kampus hijau yang berkelanjutan pada Lokakarya Nasional UIGM World University Ranking (UIGMWUR) di Universitas Tanjungpura Pontianak, 25 September 2024.

Baca juga : Rektor UMJ Apresiasi Huawei Indonesia Kembangkan Ekonomi Hijau

Penandatangan keanggotaan dilakukan Rektor UMJ yang diwakili oleh Budiman, S.T Kepala Bagian Multimedia Kantor Sekretariat Universitas dengan Dr. Junaidi, S.S., M.A Wakil Ketua Bidang Program, Komunikasi, dan Partnership UI GreenMetric.

Baca Selengkapnya : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/umj-resmi-bergabung-ui-greenmetric-wujudkan-kampus-hijau-berkelanjutan/

Kategori
Berita Kampus

LP4S UMJ Lakukan Pemantapan Pembelajaran Semester Ganjil 2024/2025

Lembaga Pendidikan Pengajaran dan Pengembangan Strategis Universitas Muhammadiyah Jakarta (LP4S UMJ) lakukan pemantapan pembelajaran Semester Ganjil Tahun Akademik 2024/2025 di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Kamis (26/09/2024).

Baca juga: UKM Expo UMJ 2024 Pantik Minat dan Bakat Mahasiswa Baru

Kegiatan ini mengusung tema “UMJ berkeunggulan: Kurikulum Pendidikan Tinggi Menuju Indonesia Emas 2045”. Ini dilakukan dalam rangka menyambut perkuliahan perdana pada 30 September 2024 mendatang.

Baca Selengkapnya : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/lp4s-umj-lakukan-pemantapan-pembelajaran-semester-ganjil-2024-2025/

Kategori
Berita Kampus

14 Mahasiswa Arsitektur UMJ Lolos Seleksi MBKM “RECEH” di UI

Sebanyak 14 mahasiswa arsitektur lolos seleksi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Riset Keilmuan. Program ini bertajuk Riset Centre of Housing (RECEH), yang merupakan kolaborasi antara UMJ dengan tujuh perguruan tinggi.

Baca Juga : Mahasiswa Arsitektur UMJ Studi Ekskursi ke Singapura dan Malaysia

Ketujuh perguruan tinggi itu ialah Universitas Indonesia (UI) Universitas Brawijaya (UB), Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA), Universitas Persada Indonesia Y.A.I (UPI YAI), Universitas Pancasila (UP), Universitas Bina Nusantara (BINUS) dan Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).

Baca Selengkapnya : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/14-mahasiswa-arsitektur-umj-lolos-seleksi-mbkm-receh-di-ui/

Kategori
Berita Kampus

Mahasiswa Baru Ikuti Masa Ta’aruf Ortom UMJ 2024

Hari ketiga Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Jakarta (PKKMB UMJ) 2024, para mahasiswa baru mengikuti Masa Ta’aruf Organisasi Otonom (Masta Ortom) di Auditorium K. H. Ahmad Azhar Basyir, Gedung Cendekia Kampus B UMJ, Rabu (25/09/2024).

Baca juga : BEM dan DPM UMJ Gelar PKKMB 2024

Pada kesempatan ini, mahasiswa baru berkenalan dengan organisasi otonom Muhammadiyah di lingkungan UMJ. Terdapat tiga ortom di UMJ yaitu Tapak Suci (TS) Putera Muhammadiyah, Hizbul Wathan (HW), dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Baca Selengkapnya : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/mahasiswa-baru-ikuti-masa-taaruf-ortom-umj-2024/

Kategori
Berita Kampus

359 Mahasiswa Baru FT dan FIK UMJ Ikuti Masta Ortom

Sebanyak 359 mahasiswa baru dari Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mengikuti Masa Taaruf Organisasi Otonom Mahasiswa (Masta Ortom) di Kampus A UMJ, Cempaka Putih Jakarta, pada Rabu (25/09/24). Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan para mahasiswa baru dengan lingkungan kampus, organisasi, serta nilai-nilai universitas.

Baca Juga : FIK dan FT Ikut Meriahkan Masa Ta’aruf Mahasiswa

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan, Miciko Umeda, S.KP., M. Biomed, menyampaikan ucapan selamat datang di Kampus A UMJ. harapannya di mana mahasiswa dapat memperoleh informasi mengenai proses pembelajaran dan kegiatan non-akademik. ”Tidak cukup hanya pintar di akademik, tetapi juga perlu berorganisasi,” ujar Miciko. Ia menambahkan, ”Ada ilmu yang tidak bisa didapatkan dari proses pembelajaran formal, yaitu pengalaman praktis yang diperoleh melalui organisasi.”

Baca Selengkapnya : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/09/359-mahasiswa-baru-ft-dan-fik-umj-ikuti-masta-ortom/