Kategori
Berita Kampus

12 Mahasiswa UMJ Dilepas Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Sebanyak 12 mahasiswa UMJ lolos mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dan akan disebar di beberapa perguruan tinggi lain, seperti Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Teknokrat Indonesia, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Universitas Musamus Merauke, Universitas Negeri Padang, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Samudra, dan Universitas Malikussaleh.

Seluruh peserta PMM tersebut resmi dilepas oleh Wakil Rektor I, Dr. Muhammad Hadi, S.KM., M.Kep., dan Wakil Rektor IV, Dr. Septa Candra, SH., MH., dalam acara pelepasan yang digelar di ruang sidang Fakultas Agama Islam (FAI) UMJ, Senin (21/08/2023).

Baca juga : PMM UMJ Libatkan HW Dalam Outdoor Learning

“PMM merupakan bagian yang penting untuk capaian Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan okeh peserta terpilih karena kegiatan ini dapat membawa manfaat yang luar biasa buat kita, khususnya promosi universitas,” ujar Prof. Dr. Herwina Bahar, MA., Koordinator Dosen Pembimbing program PMM.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/kemahasiswaan/2023/08/12-mahasiswa-umj-dilepas-mengikuti-program-pertukaran-mahasiswa-merdeka/

Kategori
Berita Kampus

FTAN UMJ Panen Bayam dan Edamame

Fakultas Pertanian UMJ pada Senin (21/8/2023) melakukan panen sayur bayam dan edamame, hasil dari kebun yang terletak tepat di seberang Gedung FTAN UMJ.

Baca juga : Dekan FTAN UMJ Resmi Meraih Gelar Doktor dengan Predikat Cum Laude

Kebun ini memproduksi berbagai macam sayuran hidroponik seperti sawi, caisim, pakcoy, kangkung, bayam, dan juga edamame yang ditanam dengan media tanah. Secara berkala mahasiswa FTAN bisa memanen hasil produksi kebun tersebut lalu menjualnya di FTan Mart.

Baca Selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2023/08/ftan-umj-panen-bayam-dan-edamame/

Kategori
Berita Kampus

ERDAMS FKM UMJ Berikan Pemeriksaan Gratis Bagi Warga Kabupaten Tangerang

ERDAMS Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKM UMJ) menjadi mitra kolaborasi mahasiswa program KKN Mavendra dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Kolaborasi tersebut diwujudkan dalam program pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat di kawasan Curug Wetan, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (19/08/2023).

Baca juga : ERDAMS FKM UMJ Gelar Pelatihan Basic Life Support

Cek kesehatan gratis dilakukan bagi lansia dan dewasa ini mengusung tema Mitigasi Penyakit Sejak Dini. Fasilitas pemeriksaan kesehatan ini diharapkan dapat membantu pencegahan dan deteksi dini penyakit. Dengan begitu, akan ada peluang lebih bagi seseorang agar segera mendapatkan perawatan yang tepat dan mempercepat proses pemulihan.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2023/08/erdams-fkm-umj-berikan-pemeriksaan-gratis-bagi-warga-kabupaten-tangerang/

Kategori
Berita Kampus

Uji Kompetensi Wartawan Perlu untuk Membangun Pers Indonesia

Dosen Program Studi Magister Komunikasi dan Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta, Dr. Asep Setiawan menegaskan bahwa dalam era informasi yang kian dinamis dan kompleks, uji kompetensi wartawan perlu diadakan untuk membangun pers Indonesia yang professional.

Baca juga : Dosen FISIP UMJ Adakan Workshop Literasi Politik

Hal tersebut disampaikan dosen UMJ yang juga anggota Dewan Pers ini dalam kegiatan Uji Kompetensi Wartawan di Jayapura, Senin (21/8/2023). Uji Kompetensi Wartawan ini diikuti oleh 36 wartawan, yang terbagi atas 24 orang di bawah lembaga UKW Persatuan Wartawan Indonesia dan 12 orang oleh lembaga UKW Ikatan Jurnalis Tulis Indonesia.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/komunitas/2023/08/uji-kompetensi-wartawan-perlu-untuk-membangun-pers-indonesia/

Kategori
Berita Kampus

Muhammadiyah Perlu Tegaskan Pancasila Sebagai Darul Ahdi Wa Syahadah

Memperingati Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Muhammadiyah harus selalu menegaskan posisi Pancasila sebagai darul ahdi wa syahadah, yaitu negara hadir karena perjanjian dan kesepakatan. Melalui penegasan tersebut, Muhammadiyah ingin mengajak seluruh rakyat bahwa negara ini adalah milik bersama yang tidak boleh dirusak siapa pun.

Baca juga : Pimpin Upacara Peringatan HUT RI, Rektor UMJ Ungkap Jasa Pahlawan Kader Muhamadiyah

Kutipan tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., sebagai narasumber dalam kegiatan pengajian bulanan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Pengajian yang diselenggarakan oleh TVMu Yogyakarta ini mengusung tema Dar Al-‘Ahdi Wa Al-Syahadah dan Kemerdekaan Indonesia, secara daring, Jum’at, (18/08/2023).

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2023/08/muhammadiyah-perlu-tegaskan-pancasila-sebagai-darul-ahdi-wa-syahadah/

Kategori
Berita Kampus

Dosen UMJ Berikan Pelatihan Bagi Pelaku UMKM Kebayoran Baru

Dosen dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) yang tergabung dalam tim program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM di kawasan Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (18/08/2023).

Program PkM ini mengangkat tema Diversifikasi dan Pengembangan Usaha Aneka Kue Basah pada UMKM DKI Jakarta Untuk Peningkatan Produksi, Manajemen Keuangan dan Digital Marketing. Peserta pelatihan terdiri dari penggerak UMKM di Kec. Kebayoran Lama, Kec. Kebayoran Baru, dan pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Dwijaya.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/pengabdian/2023/08/dosen-umj-berikan-pelatihan-bagi-pelaku-umkm-kebayoran-baru/

Kategori
Berita Kampus

Kolaborasi UMJ Dan Yayasan Attaqwa Hasilkan Regulasi Tentang Kekerasan Seksual

Perguruan Attaqwa dan Universitas Muhammadiyah Jakarta melakukan uji publik peraturan Perguruan tentang Pesantren/Madrasah/Sekolah Merdeka dari Kekerasan pada Selasa (15/8/2023). Kegiatan uji publik ini merupakan bagian dari kolaborasi antara Yayasan Attaqwa, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Droupadi, Atiqoh Noer Alie Center, dan didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui platform Kedaireka.

Baca juga : Produk Herbal UMJ Raih Pendanaan Matching Fund KEDAIREKA 2023

Uji publik ini diikuti oleh 70 peserta yang berasal dari 51 sekolah dari pondok pesantren, MTs/SMP, MA/SMA/SMK yang bernaung di bawah Perguruan Attaqwa. Latar belakang pesertanya mulai dari wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru BK, penanggungjawab kesantrian, hingga penanggungjawab asrama. Hadir sebagai fasilitator adalah Ahmad Ghozi dari Perguruan Attaqwa, Khaerul Umam Noer dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ni Loh Gusti Madewanti dari Droupadi, dan Sipin Putra dari Universitas Kristen Indonesia.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2023/08/kolaborasi-umj-dan-yayasan-attaqwa-hasilkan-regulasi-tentang-kekerasan-seksual/

Kategori
Berita Kampus

Mahasiswa Diajarkan Cara Menanggulangi Konflik Regional

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mengikuti Coaching Clinic dengan para Duta Besar Negara Anggota ASEAN dalam rangka kegiatan ASEAN-IPR University Tour yang diselenggarakan di Auditorium dr. Syafri Guricci, Jumat (18/08/2023).

Baca juga : UMJ dan ASEAN IPR Gelar University Tour Pertama Setelah Pandemi

Coaching Clinic ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berdiskusi khususnya studi dan penelitian yang berkaitan dengan isu perdamaian, kemanusiaan, rekonsiliasi, serta resolusi konflik di kawasan Asia Tenggara.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2023/08/mahasiswa-diajarkan-cara-menanggulangi-konflik-regional/

Kategori
Berita Kampus

UMJ dan ASEAN IPR Gelar University Tour Pertama Setelah Pandemi

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) bekerja sama dengan ASEAN Institute for Peace and Reconciliation (ASEAN-IPR) menyelenggarakan University Tour di Auditorium dr. Syafri Guricci, Jumat (18/08/2023).

Baca juga : UMJ Akan Gelar University Tour ASEAN-IPR

Ini adalah University Tour pertama yang digelar setelah pandemi Covid-19 di Indonesia, sebelumnya terakhir digelar pada 2020. UMJ juga menjadi perguruan tinggi swasta pertama yang menjadi mitra ASEAN-IPR dalam menyelenggarakan University Tour.

Baca Selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2023/08/umj-dan-asean-ipr-gelar-university-tour-pertama-setelah-pandemi/