Kategori
Berita Kampus

Pelantikan ASLAMA: Asrama Harus Jadi Tempat Gerakan Dakwah Islam Berkemajuan

Asosiasi Pengelola Asrama Mahasiswa (ASLAMA) terdiri dari 56 asrama diseluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) menyelenggarakan Pelantikan Pengurus, Rapat Kerja Nasional, dan Seminar Nasional secara hybrid di Auditorium dr. Syafri Gurucci, Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ), Jumat (1/3/2024).

Baca juga : UMJ Dukung Program 5000 Doktor Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah

ASLAMA merupakan institusi dibawah Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah yang membawahi semua asrama diseluruh PTMA se-Indonesia. Adapun asrama tersebut meliputi dormitory, asrama, pesantren mahasiswa, Pendidkan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM), dan Ma’had Ali.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/03/pelantikan-aslama-asrama-harus-jadi-tempat-gerakan-dakwah-islam-berkemajuan/

Kategori
Berita Kampus

Halal Center UMJ Tingkatkan Kapasitas Pendamping Proses Produk Halal

Halal Center Universitas Muhammadiyah Jakarta (HC UMJ) mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pendamping produk halal bagi dosen di lingkungan UMJ. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Fakultas Hukum, pada Kamis (29/02/2024).

Baca Juga: Melalui Halal Center, UMJ Mendukung Indonesia menjadi Pusat Halal Dunia

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal di Indonesia, pemerintah giat melakukan sertifikasi halal terhadap produk barang dan jasa. Produk barang dan jasa yang beredar di Indonesia diwajibkan memiliki sertifikat halal.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/03/halal-center-umj-tingkatkan-kapasitas-pendamping-proses-produk-halal/

Kategori
Berita Kampus

MCEBI Fokus Pada Pengembangan Softskill Inkubasi Bisnis dan Kewirausahaan Kampus

Muhammadiyah Center for Entrepreneurship and Business Incubator (MCEBI) yang didirikan oleh 30 Lembaga Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) menyelenggarakan Pengukuhan Pengurus dan Klinik Bisnis MCEBI periode 2023-2025, Rabu, (28/02/24).

Acara ini dilaksanakan secara hybrid (di Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Zoom Meeting) dan yang akan melantik para pengurus Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P, Acara bertajuk Studentpreneurs In Facing Challenges and Opportunities In The Era of Society 5.0 yang dilaksanakan secara hybrid, digelar di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ), Rabu (28/2/2024).

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/03/mcebi-fokus-pada-pengembangan-softskill-inkubasi-bisnis-dan-kewirausahaan-kampus/

Kategori
Berita Kampus

Wakil Rektor IV Sampaikan Penerapan Pidana Dalam KUHP Baru

Setelah disahkan menjadi Undang-undang (UU) keberlakukan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) perlu dilakukan penyamaan persepsi penerapan penegakan hukum di daerah. UU KUHP baru ini menggantikan KUHP Hindia Belanda yang sudah digunakan selama kurang lebih 104 tahun.

Wakil Rektor IV Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Dr. Septa Candra, S.H., M.H., diundang oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kanwil Kumham) DKI Jakarta menyampaikan materi penerapan pidana dalam KUHP Baru, digelar di Hotel Swiss-Belresidence, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (29/2/2024).

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/03/wakil-rektor-iv-sampaikan-penerapan-pidana-dalam-kuhp-baru/

Kategori
Berita Kampus

Ketua Lembaga Pemeriksa Halal PP Muhammadiyah: Kampus Harus Jadi Zona Halal

Dalam berwirausaha ada proses input maupun output. Keduanya, perlu dipastikan mengikuti standar kehalalan. Kampus harus menjadi contoh bagi mahasiswanya dalam menjaga proses input dan ouput dengan menciptakan zona halal.

Baca juga : Mahasiswi FKM UMJ Raih Pendanaan Bootcamp Studentpreneur MCEBI

Pernyataan itu diungkapkan oleh Ketua Lembaga Pemeriksa Halal dan Kajian Halal Tayyiban (LPH-KHT) PP Muhammadiyah Ir. HM. Nadratuzzaman Hosen, MS. MEc, Ph.D., dalam acara klinik bisnis studentpreneur digelar oleh Muhammadiyah Center for Entrepreneurship and Business Incubator (MCEBI) di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ), Rabu (28/2/2024).

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/02/ketua-lembaga-pemeriksa-halal-pp-muhammadiyah-kampus-harus-jadi-zona-halal/

Kategori
Berita Kampus

Mahasiswa dan Alumni UMJ Antusias Ikuti Career Expo 2024

Ratusan mahasiswa dan alumni Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) padati Aula KH Ahmad Azhar Basyir Gedung Cendekia untuk mengikuti UMJ Career Expo 2024, Rabu (28/02/2024). Gelaran rutin tahunan ini mempertemukan para pencari kerja dengan berbagai perusahaan maupun lembaga.

Baca juga : Career Expo UMJ 2024 Siap Sediakan Ratusan Peluang Kerja

Ini merupakan UMJ Career Expo kedua kalinya yang digelar UMJ. Kali ini UMJ Career Expo 2024 menghadirkan total 38 perusahaan dan job seeker platform. Tidak hanya itu, para pencari kerja juga dapat mengikuti program walk in interview

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/02/mahasiswa-dan-alumni-umj-antusias-ikuti-career-expo-2024/

Kategori
Berita Kampus

Rektor UMJ Olahraga Bersama Club Sang Surya PP Muhammadiyah

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., berolahraga badminton bersama Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Badminton Hall UMJ, Selasa (27/02/2024). Agenda itu merupakan program rutin PP Club Sang Surya di bawah PP Muhammadiyah.

Baca juga : Pertandingan Bulu Tangkis Sekum PP Muhammadiyah vs Rektor UMJ

Anggota Club Sang Surya H. Didik Suhardi, Ph.D., dari Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah menerangkan bahwa agenda olahraga badminton biasanya dilakukan di Gor Gedung Dakwah PP Muhammadiyah Jakarta.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/02/rektor-umj-olahraga-bersama-club-sang-surya-pp-muhammadiyah/

Kategori
Berita Kampus

Seminar Motivasi FKK UMJ Hadirkan Influencer Dakwah

Fakutlas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) menggelar Seminar Motivasi bertajuk Golden Hour di Auditorium dr. Syafri Guricci, Selasa (27/2/2024). Kegiatan ini menghadirkan influencer dakwah sekaligus penulis buku yaitu Fuadh Naim sebagai pembicara utama dan dimoderasi oleh dosen FKK UMJ dr. Ikrimah Nisa Utami, Sp. PD.

Baca juga : 117 Sarjana Kedokteran FKK UMJ Jalani Prosesi Angkat Janji

Seminar Motivasi Diri bertujuan untuk memberikan motivasi sekaligus dorongan kepada mahasiswa baru Prodi Kedokteran FKK UMJ agar memiliki semangat dalam menggali potensi diri dan mengikuti proses pembelajaran dibangku perkuliahan sampai menjadi seorang dokter.