Kategori
Berita Kampus

Mahasiswa PAI FAI UMJ Lakukan Pedampingan Konseling di LP Cipinang

Delapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ) melakukan pendampingan bimbingan dan konseling di Lembaga Pemasyarakatan I Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (8/5/2024).

Baca juga : Mahasiswa PAI FAI UMJ Laksanakan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di LPKA Tangerang

Kegiatan ini dilakukan bersama dosen dan menjadi bagian dari Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang terintegrasi dengan mata kuliah Bimbingan dan Konseling. Mahasiswa yang terlibat yaitu Hanif, Sulthan, Tashim, Ahmad Zaki, Imam, Ahmad Djaes, Devansyah, dan Fauzan Zaky.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/05/mahasiswa-pai-fai-umj-lakukan-pedampingan-konseling-di-lp-cipinang/

Kategori
Berita Kampus

Mahasiswa POR FIP UMJ Ikuti Kejuaraan Atletik Jatim Open 2024

Rezaldi Irfanto, mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (POR FIP UMJ) mengikuti Kejuaraan Atletik Antar Klub Jawa Timur Terbuka (Jatim Open) 2024. Kejuaraan ini berlangsung pada 15-20 Mei di Lapangan Atletik Oentoeng Poedjadi FIKK UNESA, Surabaya.

Baca juga : Mahasiswa POR FIP UMJ Raih Juara Atletik Se- Kota Tangsel

Rezaldi merupakan salah satu atlet dari 25 Kontingen Atletik Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga (PPLM) Provinsi DKI Jakarta yang terjun dalam lomba atletik lari 200 meter senior putra. “Tujuan saya mengikuti kejuaraan Jatim Open karena menjadi salah satu program wajib bagi atlet PPLM DKI Jakarta sebagai ajang try out,” jelasnya via pesan singkat (17/05/2024).

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/05/mahasiswa-por-fip-umj-ikuti-kejuaraan-atletik-jatim-open-2024/

Kategori
Berita Kampus

PP Aisyiyah Gelar Diklat Paralegal Bersama BPHN RI dan FH UMJ

Pimpinan Pusat (PP) Aisyiyah menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Paralegal bersama Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Republik Indonesia (RI), serta Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta (FH UMJ) pada 16-18 Mei di Training Center UMJ, Cirendeu.

Baca juga : Pimpinan Wilayah Aisyiyah DKI Jakarta Gelar Pra Rakerwil

Diklat tersebut dilaksanakan oleh Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Aisyiyah Jakarta yang dikelola oleh Majelis Hukum dan HAM (MHH) PP Aisyiyah dalam rangka meningkatkan kapasitas Paralegal Aisyiyah. Kegiatan diikuti oleh 41 peserta utusan dari Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) atau Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) DKI Jakarta, Banten, serta Jawa Barat.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/05/pp-aisyiyah-gelar-diklat-paralegal-bersama-bphn-ri-dan-fh-umj/

Kategori
Berita Kampus

Ratusan Pelari Ikuti Colour Run HIMAPOR FIP UMJ

Ratusan pelari memenuhi halaman Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) pada Sabtu pagi (18/05/2024).

Mereka adalah peserta Colour Run, event yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Olahraga (HIMAPOR) FIP UMJ.

Baca juga : Dua Atlet Sepak Bola Ikut Ramaikan Colour Run Himapor FIP UMJ

Para pelari yang berasal dari berbagai komunitas ini melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berlari melewati rute sepanjang 7 km dimulai dari depan Gedung FIP UMJ kemudian mengitari Situ Gintung.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/05/ratusan-pelari-ikuti-colour-run-himapor-fip-umj/

Kategori
Berita Kampus

Dua Atlet Sepak Bola Ikut Ramaikan Colour Run Himapor FIP UMJ

Dua Atlet Sepak Bola Indonesia yaitu Muhammad Ferrari dan Salman Al-Farid ikut meriahkan kegiatan Colour Run yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (HIMAPOR FIP UMJ), Sabtu (18/5/2024). 

Baca juga : FIP UMJ dan UUM Rencanakan Program Kerja Sama

Kedua pemain ini tercatat sebagai mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga FIP UMJ. Mereka ikut terlibat dengan memimpin langsung sesi pemanasan yang diikuti lebih dari 500 pelari berasal dari berbagai komunitas dan usia.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/05/dua-atlet-sepak-bola-ikut-ramaikan-colour-run-himapor-fip-umj/

Kategori
Berita Kampus

FIP UMJ dan UUM Rencanakan Program Kerja Sama

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Unibersitas Muhammadiyah Jakarta, Prof. Dr. Iswan, M.Si., menyambut kehadiran tim dari Universiti Utara Malaysia (UUM) yang datang untuk mengikuti Focus Group Discussion Academic and Research Collaboration, Jumat (17/05/2024).


Baca juga : FIP UMJ Gelar Kuliah Umum Bahas Kejahatan Siber

Dalam pertemuan yang dilakukan di Ruang Pimpinan Lantai 2 Gedung FIP UMJ itu tim UUM diwakili oleh Director of Institute for Advanced and Smart Digital Opportunities (IASDO) School of Computing College of Arts and Science Assoc. Prof. Ts. Dr. Mohamad Fadli Zokipli, Director IASDO Dr. Hapini Awang., dan Deputy IASDO Gs. Dr. Nur Suhaili Mansor.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/05/fip-umj-dan-uum-rencanakan-program-kerja-sama/

Kategori
Berita Kampus

Dekan FISIP UMJ Jadi Narasumber Kuliah Kepakaran di UMPR

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) Prof. Dr. Evi Satispi, M.Si., menjadi narasumber dalam Kuliah Kepakaran di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), Palangkaraya, Jumat (17/05/2024).

Kegiatan ini digelar oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UMPR dalam rangka memperkuat konsentrasi keilmuan bidang administrasi negara serta kebijakan publik. Rektor UMPR Dr. H. Muhammad Yusuf, S. Sos., M.A.P menyampaikan bahwa Kalimantan Tengah (Kalteng) merupakan provinsi terluas setelah Papua dan Kalimantan Timur dimekarkan.

Baca juga : Dosen FISIP UMJ Hadiri Pertemuan Jaringan Dewan Pers Asia Tenggara di Dili

Menurutnya kebijakan publik di Kalteng tak cukup jika hanya didasarkan pada data formal yang memotret kondisi perkotaan, tapi harus melalui data dukung yang lebih general hingga ke kawasan kota baru atau perusahaan.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/05/dekan-fisip-umj-jadi-narasumber-kuliah-kepakaran-di-umpr/

Kategori
Berita Kampus

BEM FIK UMJ Jadi Tuan Rumah RAKERWIL III ILMIKI ke-XII

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (BEM FIK UMJ) jadi tuan rumah Rapat Kerja Wilayah III Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (RAKERWIL ILMIKI) ke-XII. Kegiatan ini dilaksanakan pada 10-12 Mei 2024 di Auditorium K.H Mas Mansoer, FAI UMJ.

Baca juga : PK IMM FIK UMJ Adakan Turnamen Futsal Antar SMA Se-DKI Jakarta

BEM FIK UMJ berkesempatan menjadi tuan rumah RAKERWIL III ILMIKI ke-XII setelah dipilih oleh 20 institusi dari tiga provinsi yaitu Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. RAKERWIL ILMIKI merupakan kegiatan wajib yang diselenggarakan di setiap periode.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/05/bem-fik-umj-jadi-tuan-rumah-rakerwil-iii-ilmiki-ke-xii/

Kategori
Berita Kampus

FIP UMJ Gelar Kuliah Umum Bahas Kejahatan Siber

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) menggelar kuliah umum membahas kejahatan siber yang mengusung tema Cyber Threat Intelligence di Aula FIP UMJ, Jumat (17/5/2024).

Baca juga : HIMAPOR FIP UMJ Gelar Seminar IPTEK Olahraga

Kuliah umum ini menghadirkan tiga pakar dari Universitas Utara Malaysia (UUM) yaitu Director of Institute for Advanced and Smart Digital Opportunities (IASDO) School of Computing College of Arts and Science Assoc. Prof. Ts. Dr. Mohamad Fadli Zokipli, Director IASDO Dr. Hapini Awang., dan Deputy IASDO Gs. Dr. Nur Suhaili Mansor.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/05/fip-umj-gelar-kuliah-umum-bahas-kejahatan-siber/

Kategori
Berita Kampus

Allah Melindungi Orang Beriman dari Permufakatan Jahat

Allah Swt., akan melindungi orang-orang beriman dari upaya jahat yang dilakukan melalui permufakatan. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Qur’an Surat Al-Mujadalah ayat 7 sampai 13 yang menjadi topik bahasan Kajian Rutin Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Jakarta (LPP AIK UMJ) di Masjid At-Taqwa, Jumat (17/05/2024).

Baca juga : LPP AIK UMJ Ingatkan Polemik Zihar kepada Sivitas Akademika UMJ

“Orang-orang yang bermufakat jahat seperti Abu Lahab dan istrinya, sebenarnya Allah SWT sudah tau dan akhirnya melindungi Rasulullah SAW termasuk kepada orang mukmin. Kalau sudah melakukan permufakatan jahat secara terang-terangan dan tidak mendapat hukuman di dunia, kelak akan menerima di akhirat,” ujar Ketua LPP AIK UMJ Drs. Fakrurazi, MA.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/05/allah-melindungi-orang-beriman-dari-permufakatan-jahat/