Kategori
Berita Kampus

Dies Natalis ke-31, Kuliah Umum Teknik Informatika UMJ Hadirkan Praktisi dari IBM

Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) menggelar Kuliah Umum di Aula Djoeanda, Sabtu (29/07/2024). Kegiatan ini menghadirkan Senior Managing Strategic Consultant International Business Machines Corporation (IBM) sekaligus Dosen Universitas Virginia Dr. Jimmy Ardiansyah.

Baca juga : FT UMJ Terima Kunjungan Studi Banding Universitas Ahmad Dahlan

Kuliah Umum yang bertajuk “The Future Workforce in the Era of Artificial Intelligence” tersebut, digelar dalam rangka Dies Natalis ke-31 Prodi Teknik Informatika UMJ.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/07/dies-natalis-ke-31-kuliah-umum-teknik-informatika-umj-hadirkan-praktisi-dari-ibm/

Kategori
Berita Kampus

Rektor UMJ Ingatkan Pentingnya Tertib Organisasi kepada Kader Hizbul Wathan

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasy, M.Si., mengingatkan pentingnya tertib organisasi kepada peserta Kemah Pelatihan Jaya Melati I Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan UMJ di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (29/07/2024).

Baca juga : Kepengurusan Baru Qobilah dan Kafilah HW UMJ Resmi dilantik

Saat menjadi pembina upacara, Ma’mun menyampaikan bahwa Kepanduan Hizbul Wathan (HW) adalah bagian dari Organisasi Otonom Muhammadiyah, maka apa yang ada di dalam Undang-Undang (UU) Pandu HW harus dilaksanakan oleh para kader dengan baik.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/07/rektor-umj-ingatkan-pentingnya-tertib-organisasi-kepada-kader-hizbul-wathan/

Kategori
Berita Kampus

UMJ Terjunkan 904 Mahasiswa Dalam KKN Nasional dan Internasional 2024

Sebanyak 904 mahasiswa dilepas untuk menjalankan program Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Jakarta (KKN UMJ) Nasional dan Internasional Tahun 2024. Pelepasan mahasiswa peserta KKN UMJ ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Rektor UMJ di Auditorium K.H Ahmad Azhar Basyir, Gedung Cendikia pada Selasa (30/7/2024).

Baca juga : Mahasiswa UMJ Ikuti Pembekalan KKN 2024

Program KKN ini terbagi menjadi empat jenis yaitu KKN Internasional kolaborasi bersama Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA), KKN Muhammadiyah Aisyiyah (KKNMAS), KKN Bina Desa, dan KKN Tematik.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/07/umj-terjunkan-904-mahasiswa-dalam-kkn-nasional-dan-internasional-2024/

Kategori
Berita Kampus

Greg Fealy Pesimis Proses Demokratisasi Berkembang Baik di Indonesia

Kualitas demokrasi di Indonesia merosot cukup drastis, salah satunya karena adanya kecenderungan intervensi terhadap gerakan islamisme di Indonesia. Kecenderungan ini sudah terlihat beberapa tahun ke belakang sehingga jika intervensi terus berlanjut, maka dikhawatirkan tidak ada harapan untuk masa depan demokrasi di Indonesia.

Baca juga : Diskusi Prodi MIPOL FISIP UMJ dan University of Wisconsin AS Bahas Islam dan Hak Perempuan

Pernyataan tersebut disampaikan Greg Fealy, Ph.D., Indonesianis asal Australia bersama Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasy, M.Si. dalam Diskusi Publik yang dimoderatori oleh Dosen Prodi Ilmu Politik dan Magister Ilmu Politik Miftahul Ulum, Ph.D., dengan tema “Islam dan Demokrasi di Indonesia” secara hybrid di Aula Fakultas Kesehatan Masyarakat, Senin (29/07/2024).

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/07/greg-fealy-pesimis-proses-demokratisasi-berkembang-baik-di-indonesia/

Kategori
Berita Kampus

SPs UMJ Luluskan Doktor ke-66 dengan Pujian

meluluskan Lutfan Son’any, Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di Auditorium dr. Syafri Guricci, Senin (29/07/2024). Ia merupakan doktor ke-66 dari SPs UMJ dan sukses meraih predikat Pujian dengan IPK 3,87 dari dewan penguji.

Baca Juga : Kembangkan Metode Regresi Kontinum Fungsional, Dosen FIP UMJ Raih Gelar Doktor Bidang Statistika di IPB

Lutfan berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Model Peran Dewan Pendidikan Terhadap Kinerja Kepala Madrasah dan Guru Madrasah di Kabupaten Bekasi”. Ia mengambil sampel acak proporsional sebanyak sembilan sekolah swasta dari total keseluruhan madrasah di Kabupaten Bekasi.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/07/sps-umj-luluskan-doktor-ke-66-dengan-pujian/

Kategori
Berita Kampus

Majelis Kesehatan Aisyiyah DKI Jakarta Lakukan Pelatihan Pendampingan Balita Stunting

Majelis Kesehatan Pimpinan Wilayah Aisyiyah DKI Jakarta menunjukan komitmen untuk menekan angka stunting dengan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas kader di Aula Djoenda Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Sabtu hingga Minggu (27-28/7/2024). Kegiatan yang dilakukan selama dua hari berisikan pelatihan dan intervensi di 4 daerah diantaranya Jakarta Pusat, Utara, Timur, dan Jakarta Barat.

Baca juga : Dosen FKM UMJ Jadi Narasumber Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 59

Peserta terdiri dari 54 kader kesehatan Aisyiyah dari tingkat daerah, cabang, dan ranting yang akan disiapkan untuk melakukan pendampingan kepada keluarga dengan balita stunting. Melalui kegiatan ini, para peserta pelatihan diharapkan dapat memberikan pendampingan kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan stunting.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/07/majelis-kesehatan-aisyiyah-dki-jakarta-lakukan-pelatihan-pendampingan-balita-stunting/

Kategori
Berita Kampus

Dekan FIK UMJ Raih Gelar Doktor Manajemen Pendidikan di UNJ

Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIK UMJ) Miciko, S.Kp., M.Biomed. meraih gelar Doktor Manajemen Pendidikan di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Sabtu (27/07/2024).

Baca juga : Kembangkan Metode Regresi Kontinum Fungsional, Dosen FIP UMJ Raih Gelar Doktor Bidang Statistika di IPB

Ia berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dosen Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah di Wilayah Jawa Tengah”, dalam Sidang Promosi Doktor secara hybrid di Lantai 5 Gedung Bung Hatta, Pascasarjana UNJ.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/07/dekan-fik-umj-raih-gelar-doktor-manajemen-pendidikan-di-unj/

Kategori
Berita Kampus

Paparkan Hasil Riset, Prodi Profesi Keperawatan FIK UMJ Gelar Seminar Internasional

Program Studi (Prodi) Profesi Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIK UMJ) menggelar Seminar Internasional bertajuk “Strategi Pemuda Menuju Generasi Emas” secara hybrid di Aula Rufaidah, Sabtu (27/7/2024). Seminar ini merupakan bagian tugas akhir mini riset mahasiswa angkatan 2023-2024.

Baca juga : BEM FIK UMJ Adakan Seminar Kesehatan Ajak Masyarakat Cegah Stunting

Seminar ini membahas lebih lanjut hasil riset terkait betapa pentingnya menyiapkan anak-anak untuk menjadi bagian Indonesia Emas 2045 dengan mengurai strategi dari berbagai lini sektor melalui pendekatan yang berfokus pada Anak, Jiwa, dan Keluarga.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/07/paparkan-hasil-riset-prodi-profesi-keperawatan-fik-umj-gelar-seminar-internasional/

Kategori
Berita Kampus

Kajian Integrasi Ilmu LPP AIK UMJ : Taa’ruf Bumi Untuk Memuliakan Bumi

Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Universitas Muhammadiyah Jakarta (LPP AIK UMJ) menggelar kajian integrasi ilmu di Masjid At-Taqwa, Jumat (26/7/2024). Kajian ini mengingatkan sivitas akademika tentang pentingnya menjaga dan memuliakan bumi.

Baca juga : LPP-AIK UMJ Sampaikan Etika Perang Islam dalam Surah al-Mumtahanah
 
Wakil Ketua Majelis Lingkungan Hidup (MLH) PP Muhammadiyah dan Direktur Eksekutif Muhammadiyah Climate Center (MCC),  Agus Sulaiman Djamil yang hadir sebagai narasumber pada kajian ini menitipkan pesan tentang pentingnya taa’ruf bumi agar manusia dapat memuliakan bumi.  Hal ini sesuai dengan ayat Kauniah “tidak diperkenankan untuk merusak bumi yang telah disempurnakan dan diselaraskan”. Kemudian, Allah juga menegaskan dalam QS. Al-Qasas tidak menyukai orang-orang yang telah berbuat kerusakan.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/07/kajian-integrasi-ilmu-lpp-aik-umj-taaruf-bumi-untuk-memuliakan-lingkungan/

Kategori
Berita Kampus

Prof. Tria Astika Terpilih Jadi Ketua APMU PTMA Periode 2024-2026

Kepala Badan Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Jakarta (BPM UMJ) Prof. Tria Astika Endah P, MKM., terpilih sebagai Ketua Asosisasi Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (AUPMU PTMA). Pemilihan dilakukan dalam Musyawarah Nasional (MUNAS) bertema “Strategi Peningkatan Mutu PTMA” di D’Prima Hotel, Tangerang, Kamis (25/7/2024).

Baca juga : Majelis Diktilitbang Dorong PTMA Meningkatkan Reputasi Berskala Internasional

Pemilihan dilakukan secara mufakat dengan melibatkan 57 PTMA yang hadir membentuk tim formatur kepengurusan APMU PTMA Periode 2024-2026. Dari hasil Munas tersebut disepakati memberikan apresiasi kepada 6 PTMA yang baru saja unggul sebagai tim formatur APMU PTMA.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/07/prof-tria-astika-terpilih-jadi-ketua-apmu-ptma-periode-2024-2026/