Kategori
Berita Kampus

Tingkatkan Koperasi Syariah Sehat dan Berdaya Saing, BMT UMJ Gelar Pendidikan Anggota

Koperasi Baitul Maal Watamwil Universitas Muhammadiyah Jakarta (BMT UMJ), menggelar Pendidikan Anggota bertajuk “Peningkatan Pemahaman dan Peran Serta Anggota KSPPS BMT UMJ, Menuju Koperasi Syariah Sehat dan Berdaya Saing” di Villa Bukit Pinus Pancawati, Bogor pada 24-25 Agustus 2024.

Baca juga : Menghimpun Potensi Mendirikan Bank Syariah Muhammadiyah dengan Koperasi Syariah

Pendidikan Anggota merupakan salah satu indikator penilaian maju atau tidaknya suatu organisasi, baik dalam tingkat terkecil, yaitu keluarga hingga ke tingkat yang paling kompleks, yaitu negara. Kegiatan ini dibuka oleh Pengurus Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT UMJ Dr. Iskandar Zulkarnaen SE., MM.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/tingkatkan-koperasi-syariah-sehat-dan-berdaya-saing-bmt-umj-gelar-pendidikan-anggota/

Kategori
Berita Kampus

FIP UMJ Kukuhkan 292 Lulusan PPG

Sebanyak 292 lulusan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) resmi dikukuhkan. Prosesi pengukuhan dan pengambilan sumpah diselenggarakan di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMJ, Sabtu (24/08/2024).

Baca juga : Mahasiswa PPG UMJ Gelar Pameran Media Pembelajaran Inovatif

Peserta pengukuhan dan pengambilan sumpah profesi guru merupakan guru yang sudah lulus PPG dalam Jabatan Angkatan 3 dan retaker Tahun 2023. 292 lulusan di antaranya 133 dari Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), 52 dari Program Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PGPAUD), 57 dari Program Matematik, dan 22 lainnya dari Program Bahasa Inggris.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/fip-umj-kukuhkan-292-lulusan-ppg/

Kategori
Berita Kampus

LUKW UMJ Turut Dorong Peningkatan Kapasitas Wartawan Muhammadiyah

Lembaga Uji Kompetensi Wartawan Universitas Muhammadiyah Jakarta (LUKW UMJ) turut meningkatkan kapasitas wartawan Muhammadiyah pada kegiatan Jambore Ke-2 Media Afiliasi Muhammadiyah.

Baca juga : LUKW UMJ Gelar UKW Angkatan 10 di UM Bandung

Kegiatan digelar di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sabtu (24/08/2024). Pada kegiatan itu, Direktur LUKW UMJ Dr, Tria Patriantim M.I.Kom., dan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMJ sekaligus Anggota Dewan Pers Dr. Asep Setiawan, MA., berkesempatan menjadi narasumber.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/lukw-umj-turut-dorong-peningkatan-kapasitas-wartawan-muhammadiyah/

Kategori
Berita Kampus

Mahasiswa KKN UMJ Berikan Penyuluhan Literasi Lingkungan Melalui Ecoprint

Mahasiswa kelompok 46 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) memberikan penyuluhan literasi lingkungan kepada siswa SD Muhammadiyah 37, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Jumat (23/8/2024). Penyuluhan ini diikuti 25 siswa dari kelas 4 dengan memperkenalkan ecoprint yaitu teknik seni menggunakan bahan alami ramah lingkungan yang bisa digunakan pada banyak media.

Baca juga : Mahasiswa KKN UMJ Berikan Program Edukasi Kepada Warga Rusunawa Serua  

Nabila Ayu Dzuhri Rahmah, Ketua Kelompok 46 KKN Tematik menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi lingkungan dan melatih kreativitas pada anak melalui seni ecoprint agar pembelajaran lebih menyenangkan.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/mahasiswa-kkn-umj-berikan-penyuluhan-literasi-lingkungan-melalui-ecoprint/

Kategori
Berita Kampus

Rektor UMJ Hadiri Pelepasan Kepala Sekolah SMAN 8 Tangsel

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasy, M.Si menghadiri pelepasan kepala sekolah SMAN 8 Tangerang Selatan Dr. Imam Supingi, S.Pd., MM., di Aula Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMJ, Jum’at (23/8/2024).

Baca juga : Rektor UMJ Kunjungi SMAN 8 Tangsel

Dalam sambutannya, Ma’mun menjelaskan bahwa SMAN 8 merupakan salah satu mitra utama UMJ. Ia berharap adanya pergantian kepala sekolah yang baru, kerja sama dapat terus berlanjut.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/rektor-umj-hadiri-pelepasan-kepala-sekolah-sman-8-tangsel/

Kategori
Berita Kampus

LPP-AIK UMJ Ingatkan Pentingnya Ibadah dalam Surah Al-Jumu’ah

Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al-Islam Kemuhammadiyahan (LPP-AIK UMJ), mengadakan Kajian Rutin pentingnya ibadah untuk keselamatan dunia dan akhirat kepada civitas academica UMJ. Kajian kali ini membahas isi kandungan surah Al-Jumu’ah ayat 9-11 di Masjid At-Taqwa, Jumat (23/08/2024).

Baca juga : Muhammad dan Al-Qur’an Rahmat Bagi Seluruh Alam

Sebagai pemateri dalam kajian tersebut, Kepala Bidang Penerapan Kampus Islam LPP-AIK UMJ Dr. Adi Mansah, M.Ag. mengatakan bahwa pada ayat ke-9, Allah memerintahkan apabila telah diseru untuk mendirikan salat Jumat, maka bersegeralah ke masjid jangan sampai berleha-leha dan lalai karena pekerjaan.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/lpp-aik-umj-ingatkan-pentingnya-ibadah-dalam-surah-al-jumuah/

Kategori
Berita Kampus

Mahasiswa KKN UMJ Berikan Program Edukasi Kepada Warga Rusunawa Serua  

Mahasiswa kelompok 38 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) memberikan program edukasi kepada warga di Rusunawa, Serua, Kota Tangerang Selatan, Senin hingga Jumat (12-16/8/2024).

Baca juga : Mahasiswa KKN UMJ Sosialisasi Adiwiyata di SDN Cireundeu 01

Para mahasiswa Kelompok 38 KKN Tematik UMJ memberikan edukasi berupa pojok literasi, kreativitas prakarya limbah plastik, serta penyuluhan pergaulan bebas dan narkoba.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/mahasiswa-kkn-umj-berikan-program-edukasi-kepada-warga-rusunawa-serua/

Kategori
Berita Kampus

Jelang Pilkada 2024, UMJ Fasilitasi Pendidikan Politik Bagi Penyandang Disabilitas

Mendekati agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang akan diselenggarakan serentak pada November 2024 mendatang, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menjadi fasilitator ENGAGE Training bagi penyandang disabilitas, Rabu (21/08/2024).

Baca juga : Dosen MIPOL UMJ: Pers Harus Mengawal Pilkada 2024

ENGAGE merupakan akronim dari Engaging a New Generation for Accessible Governance and Elections. Pelatihan ini mengusung tema “Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas Muda Menghadapi Pilkada 2024”.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/jelang-pilkada-2024-umj-fasilitasi-pendidikan-politik-bagi-penyandang-disabilitas/

Kategori
Berita Kampus

Ciptakan Alat Uji Puntir, Mahasiswa Teknik Mesin UMJ Raih Juara 3 Ajang Internasional

Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) meraih Juara 3 dalam ajang internasional melalui karya berupa alat uji puntir.

Baca juga : IMM FT UMJ Beri Pembekalan Politik untuk Mahasiswa Melalui Birokrasi Merah

Prestasi itu diraih pada ajang The 1st International Competition On Engineering and Creativity 2024 kategori Product Innovation Design pada Sabtu (17/08/2024).

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/ciptakan-alat-uji-puntir-mahasiswa-teknik-mesin-umj-raih-juara-3-ajang-internasional/

Kategori
Berita Kampus

Mahasiswa KKN UMJ Sosialisasi Adiwiyata di SDN Cireundeu 01

Mahasiswa sub kelompok 3 dari Kelompok 31 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) memberikan edukasi dalam rangka penguatan adiwiyata kepada siswa Kelas 4E SDN Cireundeu 01, Selasa (20/08/2024).

Baca juga : Dosen UMJ Laksanakan Pengabdian Masyarakat di SMP Muhammadiyah 36

Sosialisasi adiwiyata dilakukan untuk memberikan pemahaman pada siswa tentang lingkungan. Adiwiyata merupakan inisiasi gerakan pendidikan di sekolah yang bertujuan untuk memperkuat karakter siswa agar menjaga kebersihan lingkungan sekolah melalui kolaborasi antara siswa dan guru.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2024/08/mahasiswa-kkn-umj-sosialisasi-adiwiyata-di-sdn-cireundeu-01/