Kategori
Berita Kampus

Dua Kunci Menuju Pendidikan Unggul dan Berkemajuan

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si. menyebutkan dua kunci menuju pendidikan unggul dan berkemajuan. Pertama, adanya pemimpin yang memiliki visi dan misi kuat. Sedangkan kunci kedua adalah political will.

Baca juga : Rektor UMJ Letakkan Batu Pertama Pembangunan TK Aisyiyah Cinangka

Hal ini disampaikannya dalam Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Kemang bekerja sama dengan Muhammadiyah Boarding School Ki Bagus Hadikusumo, di Aula Masjid MBS 2, Kemang, Parung, Kab, Bogor, Sabtu (09/12/2023).

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2023/12/dua-kunci-menuju-pendidikan-unggul-dan-berkemajuan/

Kategori
Berita Kampus

Dosen UMJ Ikut Peringati Hari AIDS Sedunia Bersama LPP Aisyiyah Kota Bekasi

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Dr. Dewi Purnamawati, SKM., MKM., dan dosen Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta, Dr. dr. Tri Ariguntar Wikaningtyas, Sp. PK., turun langsung mendukung peringatan hari AIDS Sedunia bersama Lembaga Penelitian dan Pengembangan Aisyiyah Kota Bekasi. Kedua dosen ini ikut melaksanakan rangkaian kegiatan berupa skrining kesehatan, konseling, dan edukasi komprehensif HIV dan AIDS di arena Car Free Day (CFD) kota Bekasi, (10/12/2023).


Baca juga : Webinar Mahasiswa FKM UMJ Angkat Topik Akhiri AIDS Di 2030

Saat ini masih ada beberapa tantangan dalam permasalahan HIV dan AIDS, di antaranya upaya mencapai target ambisius 95% orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) mengetahui statusnya, 95% ODHA mendapat Anti Retroviral (ARV), dan 95% ODHA dengan ARV mendapatkan status viral load.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2023/12/dosen-umj-ikut-peringati-hari-aids-sedunia-bersama-lpp-aisyiyah-kota-bekasi/

Kategori
Berita Kampus

UMJ Tambah Guru Besar Di Bidang Ilmu Manajemen Keuangan

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) resmi menambah satu orang Guru Besar di Bidang Ilmu Manajemen Keuangan pada, Jum’at (08/12/23) menjadi empat orang Guru Besar. Penambahan ini berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dengan diterimanya Surat Keputusan (SK) Nomor 66875/M/07/2023 tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III kepada Prof. Dr. Andry Priharta, S.E., M.M.

Baca juga : Rektor UMJ Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Politik

Didampingi Rektor UMJ Prof Dr. Ma’mun Murod, M.Si., Prof. Dr. Andry Priharta, S.E., M.M., menerima SK dari Kepala LLDIKTI Wilayah III, Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc di Gedung LLDIKTI III, menjadi Guru Besar dalam Bidang Ilmu Manajemen Keuangan dengan angka kredit 922.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2023/12/umj-tambah-guru-besar-di-bidang-ilmu-manajemen-keuangan/

Kategori
Berita Kampus

SMA PGRI 109 Raih Juara 1 Piala Rektor dan Ikalum UMJ 2023

SMA PGRI 109 Tangerang meraih juara satu Piala Rektor dan Ikalum UMJ 2023 yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Olahraga Universitas Muhammadiyah Jakarta (UKM UMJ) Cabor Sepakbola, di Stadion UMJ, Jum’at (08/12/2023).

SMA PGRI 109 Tangerang berhasil mengalahkan SMAN 6 Tangerang dengan skor 2 – 1 dan sekaligus menempatkan SMAN 6 Tangerang di posisi Runner Up. Posisi juara 3 dimenangkan oleh SMAN 17 Kabupaten Tangerang yang menang Walkover (WO) atas lawannya SMA YP Karya karena tidak hadir dalam pertandingan.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/kampus/2023/12/sma-pgri-109-raih-juara-piala-rektor-dan-ikalum-umj-2023/

Kategori
Berita Kampus

Prodi Ilkom UMJ Berikan Pelatihan Kepada Tim Litbang KPI

Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta memberikan pelatihan metode penelitian dan media monitoring kepada Tim Litbang Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jum’at, (8/12/2023). Pelatihan ini merupakan inisiasi Laboratorium Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ dengan Litbang KPI Pusat yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman praktis di industri penyiaran.

Baca juga : Public Affairs Harus Paham Regulasi dalam Menghadapi Kebijakan Baru

Menghadirkan pemateri yang berpengalaman di bidangnya, peserta pelatihan diberikan wawasan mendalam tentang metode penelitian terkini dan teknik media monitoring yang efektif. Para peserta mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang teknik-teknik terbaru dalam menganalisis tren penelitian dan memantau media dengan efektif.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/pelatihan/2023/12/prodi-ilkom-umj-berikan-pelatihan-kepada-tim-litbang-kpi/

Kategori
Berita Kampus

Prof. Agus Suradika Dilantik Sebagai Rektor UTM Jakarta

Dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Agus Suradika, M.Pd., dilantik menjadi Rektor Universitas Teknologi Muhammadiyah (UTM) Jakarta Periode 2023-2027, di Aula Lantai 5 Gedung Dakwah Muhammadiyah PWM DKI Jakarta, Kamis (07/12/2023). Prosesi pelantikan berjalan khidmat dipimpin oleh Wakil Bendahara Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Dr. Muhammad Muchlas Rowi, S.S., M.M.

Baca juga : PWM DKI Jakarta: Warga Muhammadiyah Tidak Boleh Apatis

Agus Suradika dilantik menggantikan Prof. Dr Lela Nurlela Wati, SE., MM., CRA, CRP yang telah mengakhiri masa baktinya sejak 2019-2023. Dalam sambutannya, Guru Besar UMJ ini menerangkan bahwa terpilih menjadi Rektor UTM Jakarta merupakan amanah yang tidak ringan.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2023/12/prof-agus-suradika-dilantik-sebagai-rektor-utm-jakarta/

Kategori
Berita Kampus

UMJ Terima Kunjungan Studi Banding Politeknik STIA LAN Bandung

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menerima kunjungan studi banding atau benchmark Politeknik STIA LAN Bandung. Wakil Rektor II UMJ Dr. Ir. Mutmainah, MM., menyambut pimpinan Politeknik STIA LAN Bandung di Ruang Rapat Lantai 3 Gedung Muhammadiyah Civilization Centre, Rabu (06/12/2023).

Baca juga : Universiti Utara Malaysia Kembali Kunjungi FISIP UMJ

Pada pertemuan itu, Wakil Rektor II didampingi oleh Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Pusat Data, Teknologi, dan Informasi, serta Kantor Kerjasama dan Urusan Internasional. Topik yang menjadi bahasan pada benchmark seputar layanan teknis akademik, pedoman penyelenggaraan pendidikan, pengelolaan sistem atau digitalisasi layanan akademik, integrasi layanan perkuliahan, penelitian dan penunjang lainnya, serta sarana dan prasarana pendukung akademik.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2023/12/umj-terima-kunjungan-studi-banding-politeknik-stia-lan-bandung/

Kategori
Berita Kampus

FIP Juarai Lomba Bulu Tangkis Piala Rektor Kategori Mahasiswa

Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) juarai perlombaan Bulu Tangkis Piala Rektor Kategori Mahasiswa dalam rangka Milad ke-68 UMJ. Baik partai putra maupun putri, keduanya meraih juara 1 setelah melewati beberapa pertandingan pada babak penyisihan dan semi final.

Baca juga : Semarakkan Rangkaian Milad UMJ Ke- 68, Pertandingan Bulu Tangkis Resmi Dibuka

Pertandingan Bulu Tangkis Kategori Mahasiswa ganda putra ini digelar di Gor Bulu Tangkis UMJ, Rabu (06/12/2023). Laga final mempertemukan Hilal Ramadhan dan M. Ridwhanul Arifin dari FIP (tim A) dengan Fikri dan Imam dari Fakultas Pertanian. Duel Hilal dan Ridwhanul bukan satu-satunya dari FIP yang mendapat juara. Tim B FIP yaitu Muhammad Syaikha dan Syahrul juga berhasil merebut juara 3.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2023/12/fip-juarai-lomba-bulu-tangkis-piala-rektor-kategori-mahasiswa/

Kategori
Berita Kampus

Public Affairs Harus Paham Regulasi dalam Menghadapi Kebijakan Baru

Public Affairs harus mengetahui dan memahami regulasi, sebab dalam beberapa kasus pemahaman regulasi ini akan membantu Public Affairs dalam menghadapi kebijakan-kebijakan baru. Hal tersebut diungkapkan oleh Corporate Secretary PT Pertamina Gas, Muhammad Baron, dalam Kuliah Umum yang digelar Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ), Selasa (5/12/2023).

Baca juga : Diskusi Publik KPI-LUKW UMJ Bahas Tantangan Penyiaran di Era Digital

Kuliah Umum bertajuk “Public Affairs and Influencing Public Policy” ini diselenggarakan di Aula Kasman Singodimedjo FISIP UMJ dan dibuka oleh Wakil Dekan 3 FISIP UMJ, Dr. Fal. Harmonis, M.Si. Kuliah Umum ini bertujuan untuk memberikan perspektif baru kepada mahasiswa untuk bisa mengembangkan keterampilan praktis yang relevan, seperti analisis risiko, manajemen, perubahan kebijakan dan pemahaman tentang regulasi.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2023/12/public-affairs-harus-paham-regulasi-dalam-menghadapi-kebijakan-baru/

Kategori
Berita Kampus

Webinar Mahasiswa FKM UMJ Angkat Topik Akhiri AIDS Di 2030

Dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia,  Mahasiswa Magister Peminatan Promosi Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKM UMJ) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Tangerang menggelar webinar mengangkat topik Bergerak Bersama Komunitas Akhiri AIDS 2030, Rabu, (6/12/2023). Kegiatan ini juga didukung oleh Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dan Pergerakan Anggota Muda IAKMI (PAMI) Nasional.

Baca juga : Mahasiswa FKM UMJ Ikuti Forum Kesehatan Internasional

Webinar yang digelar secara daring ini menghadirkan tiga narasumber diantaranya Ketua Tim Kerja sama HIV PIMS, Dr. Endang Lukitosari, United Nation Programme on HIV and AIDS Indonesia, Bagus Rahmat Prabowo, dr, MScPH, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dr. Dini Anggraeni, MM., sebagai Keynote Speech.

Baca selengkapnya di : https://umj.ac.id/kabar-kampus/2023/12/mahasiswa-fkm-umj-angkat-topik-akhiri-aids-di-2030/